Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
    Penulis : Yoni Iskandar Arianto
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis masalah dengan Metode Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tambelangan Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-A sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t sampel bebas dengan aplikasi SPSS versi 18. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis masalah dengan Metode Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa, hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai –thitung < ttabel < thitung (-4,909 < 2,019 < 4,909), respon siswa sebesar 89% dengan kriteria sangat menarik, dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 86,13% dengan kriteria sangat baik.

    Abstraction

    The aims of this research were to know the effect model Model Problem Based Learning with Brainstorming Method to Student Learning Outcomes at the material of Global Warming. This is research an exsperimental study with the reseach design Quasi Experiment. The population this research is all of the student VII class State Junior Hight School 2 Tambelangan study year 2018/2019. The sampling technique was purposive sampling. Sampling used VII-A as many 22 student as exsperimental class and VIII-B as many 21 student as control class. Technique of analizing data use Independent Samples t-test with program SPSS version 18.00. Based on the result of this research, it can be concluded that: there was an effect Model Problem Based Learning with Brainstorming Method to Student Learning Outcomes, the result of hypothesis testing for student learning outcomes values obtained –tcount < ttable < tcount (-4,909< 2,019 < 4,909), student’s respon was 89% with very interesting criteria, and wisdom of learning was 86,13% with very good criteria.

Detail Jurnal