Detail Karya Ilmiah
-
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITISPenulis : MEGAWATI SETIO RINIDosen Pembimbing I : YUNIN HIDAYATI, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :ANA YUNIASTI RETNO WULANDARI, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan keterlekasanaan dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan metode faktorial eksperimen dengan 2×2 faktorial pada pokok bahasan bunyi, getaran gelombang, sistem pendengaran manusia, dan sistem sonar. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan untuk keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) respon siswa terhadap model pembelajaran Guided Inquiry dan Discovery Learning tergolong sangat baik dengan persentase rata-rata 98,55%; (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Posing dan Problem Solving tergolong sangat baik dengan persentase Guided Inquiry dan Discovery Learning tergolong sangat baik dengan persentase 81,94%.
AbstractionThe research aims to know student response and advisibility in learning process. This research used factorial experimental method with 2×2 factorial design with the topic about sound, vibration and wave, hearing system, and sonar system. Technique of collecting data used observation sheet for learning activity, and questionnaire for student’s response. Based on the data of the research, it can be conclude that: (1) student’s response of Guided Inquiry and Disvovry lerning model has an excellent category with 98,55% (2) learning activity using Guided Inquiru and Discovery Learning model has an excellent category with 81,94%.