Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP SELF EFFICACY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWAPenulis : Rizqia Rosi HandayaniDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S. Si., M. Si.Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh, self efficacy, pemahaman konsep, keterlaksanaan dan respon siswa terhadap model open-ended. Penelitian menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan nonequivalent control group design dan dilaksanakan di SMPN 1 Kamal materi Sistem Tata Surya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan angket untuk self efficacy, tes untuk pemahaman konsep, observasi keterlaksanaan, angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada pengaruh model open-ended terhadap self efficacy dan pemahaman konsep siswa dibuktikan dengan signifikansi uji hipotesis angket self efficacy 0,037 <0,05 dengan nilai t -2,129 < 1,998 < 2,129, signifikansi tes pemahaman konsep siswa 0,000 <0,05 dengan t -4,148 < 1,998 < 4,148; (2) Self efficacy siswa setelah diterapkan model open-ended memperoleh persentase 72% untuk angket dengan kategori baik, sedangkan tes pemahaman konsep memperoleh persentase 62% dengan kategori baik; (3) keterlaksanaan model open-ended sebesar 95 % dengan kategori sangat baik; (4) respon siswa terhadap model open-ended sebesar 68% dengan kategori baik. Kata kunci: open-ended, self efficacy, pemahaman konsep
AbstractionThe aim of this research is to know influence, self efficacy, concept comprehension, student's implementation and response to open-ended model. The research used Quasi Experimental Design method with nonequivalent control group design and implemented in SMPN 1 Kamal material of Solar System. The sampling technique used purposive sampling as much as 2 classes. Data collection using questionnaires for self efficacy, tests for conceptual understanding, observation of implementation, student response questionnaires. The data analysis technique used free sample t test. Based on the results of this study can be concluded: (1) there is influence of open-ended model on self efficacy and understanding of student concept proved with significance test self efficacy hypothesis 0,037 <0,05 with value t -2,129 <1,998 <2,129, significance of student concept comprehension test 0,000 <0,05 with t -4,148 <1,998 <4,148; (2) Student self efficacy after applied open-ended model obtained 72% percentage for questionnaire with good category, while concept comprehension test get 62% percentage with good category; (3) open-ended model implementation of 95% with very good category; (4) student response to open-ended model is 68% with good category. Keywords: open-ended, self efficacy, concept comprehension