Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Guide Note Taking terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X RPL di SMK Negeri 2 Bangkalan
    Penulis : Noviyatur Rohmah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian dengan memadukan model pembelajaran kooperatif dengan metode guide note taking menekankan agar siswa bisa memahami materi yang diajarkan dengan berbagi pemahaman bersama teman mereka sendiri yang ditunjang dengan catatan terbimbing (handout)agar materi yang didapat tidak hanya dari pemahaman mereka tetapi juga dari catatan yang mereka tulis. Peneltian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode guide note taking,(2)mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan metode guide note taking, (3)mengetahui pengaruh meodel pembelajaran kooperatif dengan metode guide note taking terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X RPL di SMKN 2 Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan non equivalent gruop design. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL-1 sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 2 Bangkalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)keterlaksanaan pemebelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode guide note taking menunjukkan aktivitas atau kinerja guru pada pertemuan pertama dengan rata-rata 3,25 dengan kategori baik dan pertemuan kedua meningkat sebesar 3,55 dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pertemuan pertama 86,05 dan pertemuan kedua meningkat menjadi 88,15, (2)rata-rata presentase angket respon siswa sebesar 86,73% kategori sangat baik, (3)uji signifikansi menunjukkan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif dengan metode guide note taking. hal ini dibuktikan dari hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu nilai thitung 8,835 dan ttabel 2,055 artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif dengan metode guide note taking terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL d SMK Negeri 2 Bangkalan. Kata Kunci: Pengaruh, kooperatif, Guide Note Taking, Hasil Belajar

    Abstraction

    Abstract Research with blending of cooperative learning model with guide note taking methode more emphasis their own undertanding to undertand the material taught sharing from their own friends and supported by the guide note taking (handout) so that the material that they can not only exits in the understanding but also on record that they wrote themselve. The research aims to: (1)knowing implementation of learn using cooperative leraning model with guide note taking methode, (2)knowing the students respons to cooperative laerning model with guide note taking methode, (3)knowing effect of cooperative learning with guide note taking methode to outcomes the basic programing X RPL class SMKN 2 Bangkalan. The method used by quasi exsperimental with design of non equivalent group design. the research are students in class X RPL-2 as class of exsperiment, as class of control are students in class X RPL-1 SMKN 2 Bangkalan. The result showed: (1)implementation of learning use cooperative learning model with guide note taking methode show about teacher activity or performance in the first meeting is 3,25 with the catogory "good" and the second meeting improve 3,55 with category "very good". while for students activity in the first meeting is 86,05 and the second meeting increasing is 88,15, (2)the average precentage of students respons questionnairies of 86,73% with category very good, (3)the signification test taste showed influence between of cooperative learning model with guide note taking meethode.this avidenced from a result of tasting t test. the test showed about Thitung > Ttabel is thitung value 8,35 an ttabel 2,055 its a meaning that Ho is rejected an Ha is accepted. The conclution there is a significant influence in cooperative learning model with guide note taking methode to the students learning result the X RPL SMKN 2 bangkalan. Keywords : Influence, cooperative, guide note taking, Learning Result.

Detail Jurnal