Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Struktur Kontrol Percabangan Untuk Kelas X TKJ Di SMKN 1 Arosbaya Menggunakan UnityPenulis : Ahmad ZamroniDosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S. Pd., M. Pd.Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Penelitian ini membuat produk berupa media pembelajaran multimedia interaktif yang di terapkan di SMKN 1 Arosbaya pada materi struktur kontrol percabangan. Media yang tersedia disana berupa buku paket, komputer di laboratorium, dan LCD proyektor. Namun pada proses pembelajaran guru menggunakan buku paket dengan metode ceramah jarang menggunakan media elektronik terkecuali ketika mengerjakan tugas atau praktik di hari-hari tertentu menggunakan komputer di laboratorium. Maka dari itu diperlukan suatu inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran. Inovasi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan Unity Yang dapat berjalan di PC/laptop dan Smartphone Android. penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation and Evaluations). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen angket yang terdapat angket uji ahli materi, angket uji ahli media, dan angket uji coba siswa dilapangan yang terdiri dari uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Hasil yang diperoleh dari ahli isi atau materi yaitu 97,91% termasuk kategori sangat baik, dari ahli media yaitu 89,58% termasuk kategori sangat baik. Hasil dari uji coba sasaran yaitu uji coba perorangan memperoleh 93,75% termasuk kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,67% termasuk kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar 93,52% termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan daya tarik siswa dan kualitas pembelajaran.
AbstractionThis research made a product in the form of interactive multimedia learning media that is applied in SMK 1 Arosbaya on the branching structure control material. In that school, available media are textbooks, computers in the laboratory, and LCD projectors. However, in learning process using textbooks, teachers rarely uses electronic media except when doing on assignments or practices on certain days using computer in the laboratory. Therefore it needs an innovation in developing learning media. The innovation carried out in this study is to develop interactive multimedia learning media using Unity which can run on PCs / laptops and Android Smartphones. This study used the ADDIE’s model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). The instrument used was a questionnaire instrument which contained a material expert test questionnaire, a media expert test questionnaire, and a student trial questionnaire in the field consisting of individual, small group, and large group trials. The results obtained from content experts or material, amount of 97.91% included very good categories, from media experts, amount of 89.58% including very good categories. The results of the target trials namely individual trials gained 93.75% including very good categories, small group trials 94.67% including very good categories, and large group trials 93.52% including very good categories. Thus it can be concluded that interactive multimedia learning media can be used to improve student attractiveness and the quality of learning.