Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORK BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X SMKPenulis : Dewi ListianaDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.S.T., M.T.Abstraksi
Pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran work based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ Smkn 2 Bangkalan. Peneltian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2018. Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif menggunakan metode kuantitatif dengan disain Quasi Experimental jenis Nonequivaent Control Group Design. Sampel di ambil dua kelas, dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas control. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar psikomotorik dengan jumlah soal sebanyak 5. Data yang diperoleh dari hasil tes psikomotorik dianalisis dengan uji statistik uji âtâ. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 2.795 ternyata lebih besar dari t tabel sebesar 2.045 , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran work based learning terhadap hasil belajar psikomotorik kelas X TKJ Smkn 2 Bangkalan. Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Work Based Learning, Hasil Belajar Psikomotorik.
AbstractionEducation is a process of experience. Because life is growth, then education means to help the inner growth of man without being limited by age. The process of growth is the process of adjustment in each phase and skills to man development through education. This study aims to determine the effect of learning model work based learning to the 10th grade TKJ student learning outcomes at SMKN 2 Bangkalan. This study was conducted from April to may 2018. This research is quantitative research using quantitative method with Quasy experimental of Non-equivalent Control Group Design Type. Samples taken in two control classes and divided into experimental class and control class. The instrument used in this study in the form of psychomotor test results with the number of questions, as many as 5. The data obtained from the psychomotor test results were analysed by the test statistic test âtâ. Based on the calculation obtained t count value of 2.795 was larger than t table at a significant level. So the alternative hypothesis that states there is influence of work based learning to the 10th grade TKJ student learning outcomes at SMKN 2 Bangkalan Keyword : The Learning Model influence of work based learning, student learning outcomes.