Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJPenulis : JuhariyantoDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S. Si., M. PdDosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S. Pd., M. PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat belajar materi pengalamatan IP pada jaringan komputer. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Arosbaya dengan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, karena semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil dari observasi aktivitas guru pada kelas eksperimen memperoleh presentase keseluruhan 93,05. Artinya pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen terlaksana dengan kategori sangat baik. Hasil dari observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen memperoleh presentase keseluruhan 89. Artinya aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada kelas eksperimen menunjukkan kategori sangat aktif. Hasil dari analisis data didapatkan rata-rata angket minat belajar kelas eksperimen 81,37 dan kelas kontrol 80,86. Uji hipotesis minat belajar menggunakan uji statistik. Dari hasil penelitian menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 7,929 dan ttabel sebesar 2,04840, sehingga thitung lebih besar dari ttabel dan menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat belajar materi pengalamatan IP pada jaringan komputer kelas X di SMK Negeri 1 Arosbaya.
AbstractionThis study aims to determine the implementation and influence of the cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) on the interest in learning IP addressing material on computer networks. The study was conducted at SMK Negeri 1 Arosbaya with samples used, namely saturated samples, because all members of the population were sampled, namely class X TKJ 1 as the control class and TKJ 2 class X as the experimental class. The results of the observation of teacher activity in the experimental class obtained an overall percentage of 93.05. This means that the implementation of learning in the experimental class was carried out in a very good category. The results of the observations of student activities in the experimental class obtained an overall percentage of 89. This means that the activity of students in the application of the cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) in the experimental class showed a very active category. The results of the data analysis obtained an average questionnaire of interest in learning the experimental class 81.37 and the control class 80.86. Test the hypothesis of learning interest using statistical tests. From the results of the study using t-test obtained by tcount of 7.929 and t table of 2.04840, so that tcount is greater than t table and states Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study is that there is a significant effect in the cooperative learning model of the Team Assisted Individualization (TAI) type on the interest in learning IP addressing material on class X computer networks at SMK Negeri 1 Arosbaya.