Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA CISCO PACKET TRACER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENGALAMATAN IP KELAS X TKJ SMKN 1 AROSBAYA
    Penulis : RIA WAHYU UTAMI
    Dosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :PUJI RAHAYU NINGSIH, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media cisco packet tracer dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media cisco packet tracer, terhadap hasil belajar kognitif pada materi pengalamatan IP kelas X TKJ SMKN 1 Arosbaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain quasi eksperimental design. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest, lembar pengamatan terhadap guru dan siswa. Hasil aktivitas guru pada pertemuan pertama 92% yang tergolong sangat baik dan pertemuan kedua meningkat menjadi 95% yang tergolong sangat baik. Hasil dari aktivitas siswa pada pertemuan pertama 84,75% dengan kategori sangat baik dan pertemuan kedua meningkat 88,75% tergolong dengan kategori sangat baik. Dilihat dari hasil uji gain memperoleh nilai sebesar 0,36 yang termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil penelitian menggunakan uji signifikansi diperoleh thitung = 3,87 > ttabel = 2,08 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya yaitu ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media cisco packet tracer terhadap hasil belajar kognitif pada materi pengalamatan IP kelas X TKJ SMKN 1 Arosbaya. Kata-kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, media cisco packet tracer, pengalamatan IP

    Abstraction

    This study aims to describe the implementation of learning implementation using cooperative learning model type make a match using cisco packet tracer media and to know the influence of cooperative learning model type make a match using cisco packet tracer media, to cognitive learning outcomes in class IP address materials TKJ SMKN 1 Arosbaya. This research is a quantitative research using quasi experimental design. The instrument used is a test of learning outcomes in the form of pretest and posttest, a sheet of observation of teachers and students. Results of teacher activity at the first meeting of 92% are very good and the second meeting increased to 95% which is very good. Results of student activity at the first meeting 84.75% with very good category and the second meeting increased 88.75% categorized as very good. Seen from result of gain test get value equal to 0,36 which included in medium category. From the results of research using significance test obtained tcount = 3.87> ttable = 2.08, then H0 rejected and Ha accepted. The conclusion is that there is an effect of using cooperative learning model type make a match using cisco packet tracer media to cognitive learning outcomes in class IP address material TKJ SMKN 1 Arosbaya. Key Words: learning outcomes, cooperative type learning model make a match, cisco packet tracer media, IP address

Detail Jurnal