Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN APLIKASI MINDMAPLE LITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN LOKAL (LAN)Penulis : NURUL ISTIQMALADosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro. S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Penyebab rendahnya ketuntasan belajar pada materi jaringan LAN karena model pembelajaran yang digunakan dikelas kurang tepat, sehingga membuat siswa mengakibatkan kurang tertarik untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantuan aplikasi mindmaple lite terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan lokal (LAN). Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Arosbaya dengan jumlah populasi yaitu siswa kelas X TKJ yang terdiri dari kelas TKJ A sebagai kelas kontrol dan TKJ B sebagai kelas eksperimen. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal tes hasil belajar, lembar pengamatan terhadap guru dan siswa, serta angket respon. Tes hasil belajar dianalisis menggunakan uji statistik. Dari hasil penelitian menggunakan uji signifikansi diperoleh thitung=4,35 > ttabel sebesar 2,07, sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantuan aplikasi mindmaple lite terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, time token, materi jaringan LAN, hasil belajar
AbstractionABSTRACT The cause of the minimum learning mastery in LAN material because the learning model used in the class is incompatible, thus makes the students is less interested to learn. The objective of this research is to reveal the effect of cooperative learning model using assisted Mindmaple Lite Application on Time Token Type toward the students’ achievement at Local Area Network Material (LAN). The design of this research is Quasi Experimental Design using Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted on SMKN 1 Arosbaya with the population are the students of X TKJ consists of TKJ A class as the control group and TKJ B as the experiment group. The sample in this study used a saturated sample, in which all members of the population were sampled. Instruments used in this study are test, teacher’s and students’ observation sheet, as well as questionnaire. The test was analyzed using statistical tests. The results reveals that the significance test obtained t-count = 4.35 > t-table = 2.07, so it can be stated that H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this research is there is an effect of cooperative learning model using Assisted Mindmaple Lite Application on Time Token Type on Student Achievement at Local Area Network Material (LAN). Keywords: Cooperative learning model, time token, LAN network material, learning outcomes