Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMKN 1 KAMAL
    Penulis : Fatma Rasa
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis adanya model pembelajaran yang diajarkan oleh guru tidak bervariasi sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar dan berimplikasi pada kurangnya pemahaman siswa terhadap pelajarandan hasil belajar itu sendiri. Pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat merupakan masalah yang perlu dicari solusi untuk siswa, karena pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan kunci dasar yang dapat berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan pendekataan kooperatif dengan pendekataan Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran desain grafis terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMKN 1 Kamal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan mengguakan quasi experimental design dengan menggunakan bentuk prestest-postteset control group design. Pada penelitian ini kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 1 sebagai kelas kontrol dengan yang yang digunakan oleh peneliti adalah tes hasil belajar siswa yang berupa soal pretest dan posttest, lembar aktivitas terhadap guru dan siswa. Tes hasil belajar dianalisis mengunakan uji stastik.Dari hasil penelitian menggunakan uji signifikasi diperoleh thitung sebesar 2.154 lebih besar dari ttabel sebesar 2.08, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, pendekataan Team Assisted Individualization, hasil belajar desain grafis

    Abstraction

    ABSTRACT The cause of the low learning outcomes of students in the subjects of graphic design the existence of learning models taught by teachers does not vary so that students are less interested to learn and implicate the lack of understanding of students on the learning and the results of learning itself. Selection of less precise model of learning is a problem that needs to be searched for the solution for students, because the selection of the right model of learning is the key that can have a major influence on the ongoing learning process that can affect student learning outcomes. The purpose of this research is to see the effect of cooperative lea runing model with cooperative alignment with Team Assisted Individualization (TAI) alignment on graphic design subjects to student learning outcomes in grade X SMKN 1 Kamal. The method used in this research is quantitative research method by using quasi experimental design using prestest-postteset control group design. In this study class X RPL 2 as experimental class and class X RPL 1 as control class with different number of students. Instrument used by researcher is test result of student learning which is in the matter of pretest and posttest, activity sheet to teacher and student. The test result of the study was analyzed using stastic test. From result of research using significance test obtained tcount equal to 2.154 bigger than ttable equal to 2.08, hence Ho rejected and Ha accepted so there is influence of cooperative learning model with Team Assisted Individualization approach to student learning result. Keywords: Cooperative learning, Team Assisted Individualization alignment, graphic design learning outcomes

Detail Jurnal