Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR INSTALASI JARINGAN LOKAL (LAN)
    Penulis : SITI HALIMA
    Dosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :MUCHAMAD ARIF, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat dan hasil belajar materi instalasi jaringan lokal (LAN). Penelitian dilakukan di SMKN 1 labang dengan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, karena semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Hasil dari analisis data didapatkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 61.45 dan kelas kontrol 66.72, sedangkan rata-rata untuk angket minat belajar kelas eksperimen 77.71 dan kelas control 79.41. uji segnifikansi menyatakan thitung>ttabel atau 3.78640259 lebih besar dari 2,04522964 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizatipn (TAI) terhadap minat dan hasil belajar materi instalasi jaringan lokal (LAN) kelas X di SMKN 1 Labang. Kata-kata Kunci: Minat dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Instalasi Jaringan Lokal.

    Abstraction

    Abstract This study aims to determine the effect of cooperative learning model type Assisted Individualization (TAI) towards the interest and learning outcomes of local network installation materials (LAN). The research was conducted in SMKN 1 labang with the sample used that is saturated sample, because all members of the population are sampled that is class X TKJ 1 as experiment class and class X TKJ 2 as control class. Result of data analysis got mean of experiment class study result 61.45 and control class 66.72, mean for questionnaire interest study experiment class 77.71 and class control 79.41. the test of significance states thitung> ttable or 3.78640259 greater than 2.04522964 thus it can be stated that Ho is rejected and Ha accepted. The conclusion of this research is that there is a significant influence in cooperative learning model of Team Assisted Individualization (TAI) type towards the interest and learning result of local class X (LAN) installation material material at SMKN 1 Labang. Key Words: Interest and Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Type Team Assisted Individualization (TAI), Local Network Installation.

Detail Jurnal