Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATERI JARINGAN LOKAL KELAS X SMKPenulis : DEWI MEIDELIADosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :SIGIT DWI SAPUTRO, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penyebab rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi jaringan lokal yaitu karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran kurang inovatif yang menyebabkan siswa pasif dan kurang aktif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada materi jaringan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Labang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampel jenuh yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, hasil belajar kognitif, dan hasil belajar psikomotorik siswa. Untuk tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda dan untuk tes hasil belajar psikomotorik berupa lembar observasi penilaian kinerja. Tes hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji signifikansi, diperoleh thitung = 2,997 dan ttabel = 2,045. Sedangkan tes hasil belajar psikomotorik menggunakan uji signifikansi, diperoleh thitung = 8,764 dan ttabel = 2,045, sehingga thitung > ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang. Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, Jaringan Lokal.
AbstractionThe cause of the low level of understanding of the students in understanding the material tissue local because the learning model used by teachers in less innovative learning activities that cause students passive and less active. The purpose of doing research is to know the influence of cooperative learning model of type picture and picture against the results of cognitive and psychomotor learning student material on the local network. This research is quantitative research uses Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design Research Design. This research was conducted at SMK Negeri 1 Labang. Study on the sampling technique using a Nonprobability Sampling with saturated samples types i.e. class X 1 TKJ as class experiments and class X 2 TKJ as the class of the control. The instruments used in this research is the observation sheet activity observation sheet activity the teacher, students, cognitive learning results, and the results of learning psychomotor students. To test the cognitive learning results in the form of multiple choice question and to test the results of learning psychomotor performance assessment observation sheet form. Tests of cognitive learning results are analyzed using a significance test, retrieved thitung = 2.997 and ttabel = 2.045. While the test results using the test of significance of psychomotor learning, retrieved thitung = 8.764 and ttabel = 2.045, thitung > ttabel so it can be stated that Ho is rejected and the Ha are received. So it can be concluded that there is a significant influence of cooperative learning model of type picture and picture against the results of cognitive and psychomotor learning grade X TKJ in SMK Negeri 1 Labang. Keywords: Results of the study, the Learning Model Cooperative Type Picture and Picture, local network.