Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JARINGAN LANPenulis : DEWI AISYAHDosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :MUCHAMAD ARIF, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif metode everyone is a teacher here pada meteri jaringan LAN di SMKN 1 Kwanyar ditinjau dari aktifitas guru dan aktifitas siswa, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif metode everyone is a teacher here terhadap hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembalajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif metode everyone is a teacher here pada materi jaringan LAN. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental non-equivalent control grub design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A dan kelas X TKJ B SMK Negeri 1 Kwanyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data dengan uji signifikansi dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil observasi dalam pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata pada observasi aktivitas siswa pertemuan ke-1 sebesar 80,9 sedangkan pertemuan ke-2 mengalami peningkatan menjadi 91. Serta hasil observasi guru dengan nilai pertemuan ke-1 sebesar 81 sedangkan pertemuan ke-2 mengalami peningkatan menjadi 94, (2) hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 78,5 lebih tinggi dibandingkan dhasil belajar siswa kelas kontrol dengan rata-rata 67,3, dan (3) terdapat peningkatan hasil belajar dimana siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dalam kategori tinggi berjumlah 9 siswa, kategori sedang berjumlah 17 siswa, dan kategori rendah berjumlah 2 siswa. Kata – Kata Kunci : Pengaruh, Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar
AbstractionABSTRACT This study aims to: (1) describe the implementation of cooperative learning model of everyone is a teacher here method on subject of LAN network in SMKN 1 Kwanyar viewed from teacher’s and student’s activities, (2) know the influence of cooperative learning model of everyone is a teacher here method for student’s learning outcomes, and (3) to know the improvement of student learning outcomes after following the learning using cooperative learning model of everyone is a teacher here method on LAN network subject. The research method used in this study is quasi experimental non-equivalent control grub design. The subjects of this study are students of X TKJ A class and X TKJ B class of SMKN 1 Kwanyar. The technique of collecting data used is learning result test and observation. The research instruments used are learning result test, observation sheet of teacher’s activity, and observation sheet of student activity. The technique of analyzing data used is the technique of data analysis with significance test and normalized gain test. The result of the study shows that (1) the observation result in the implementation of the mean value of learning in observing the first meeting of student’s activity is 80,9 whereas the second meeting has increased to 91. And the result of observing teacher’s activity in the first meeting is 81 while the second meeting has increased to 94, (2) the average of students’ learning outcomes have 78.5 times higher than the control students’ learning outcomes with an average of 67.3, and (3) there is an increase in learning outcomes where students who experienced an increase in learning outcomes in the high category amounted to 9 students, moderate category amounted to 17 students, and low category amounted to 2 students. Keywords: Influence, Everyone is a Teacher Here, Learning Outcomes