Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CHANGE OF PAIRS MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATERI PERANGKAT KERAS JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 KWANYAR.Penulis : Laila Alfi NurahmahDosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ SMKN 1 Kwanyar pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan tidak adanya media pembelajaran yang diterapkan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Teknik Change Of Pairs dengan Media Augmented Reality Pada Materi Perangkat Keras Jaringan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental Pretest – Posttest Control Groub .Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kwanyar dengan teknik sampel Simple Random Sampling dimana sampel dalam penelitian ini yaitu dipilih secara acak yaitu, X TKJ A sebagai kelas kontrol dan X TKJ B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi aktivitas guru, Lembar observasi aktivitas siswa dan Tes hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukan . (1) Aktivitas siswa pada pertemuan pertama 82, 08 % dengan kategori “aktif” dan pertemuan kedua meningkat 86,42 %. tergolong dengan kategori “aktif” (2) kinerja guru “ baik” dengan jumlah skor hasil observasi pada pertemuan awal 3,42 dan pertemuan kedua meningkat sebesar 3,53 dengan kategori “sangat baik”. (3) Uji Signifikansi menyatakan thitung > ttable atau 3,8753248 lebih dari dari 2,05552942 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dalam model pembelajaran kooperatif teknik change of pairs dengan media augmented reality pada materi perangkat keras jaringan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Kwanyar. Kata – Kata Kunci : Pengaruh, Change of pairs, Augmented Reality, Hasil Belajar
AbstractionThe cause of low learning result of the tenth grade TKJ SMKN 1 Kwanyar on subjects Computer and Basic Network is caused by an appropriate leaning style and the absence of an applied – instructional media.The aim of this study is knowing the effect of Cooperative Learning Style Change Of Pairs strategy with Augmented Reality instructional on On Hardware Material Network on Student Learning Results. This study is a study of True Experimental Pretest – Posttest Control Grub. This study was conducted at SKN 1 Kwanyar with sample technique Simple Random Sampling which is the sample random choice. The sample in this study are X TKJ A as an control class and X TKJ B as an experimental class. The instruments used are teacher activity observation sheets, student activity observation sheets and test learning result. The result of the study shows (1) the student activity in the first meeting 82,08 % with the category “active” and the second meeting improve 86,42% with the category “active” (2) teacher performance is "good" with the total score of observation for the first meeting 3.42 and the second meeting increasing 3.53 with the category "very good" (4) The significance test states Thitung> Ttable or 3.9753248 more than 2.05552942 so it can be stated that Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this research is there is a significant influence in cooperative learning style change of pairs strategy with augmented reality instructional on network hardware material to the students’ learning result the tenth grade SMKN 1 Kwanyar. Keywords : Influence, Change of Pairs, Augmented Reality, Learning Result