Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa SMK pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Penelitian di SMK Nurul Amanah)
    Penulis : Hamidah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital karena pembelajaran yang digunakan di kelas cenderung konvensional, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan mengakibatkan respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap hasil belajar kognitif siswa SMK pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Nurul Amanah tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel jenis sampling jenuh. Populasi dan sampel penelitian ini sejumlah 48 orang siswa kelas X TKJ di SMK Nurul Amanah, Tanah Merah, Bangkalan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 65%, aktivitas guru selama dua pertemuan rata-rata sebesar 91,82% tergolong sangat baik, dan aktivitas siswa rata-rata sebesar 77,24% yang tergolong baik, (2) terdapat pengaruh yang signifikan yang dibuktikan dengan hasil thitung = 5,5196 > ttabel = 2,0739, dan (3) respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 83,50% tergolong kategori baik. Kata-kata kunci: Example Non Example, Hasil Belajar, Pengaruh, Simulasi dan Komunikasi Digital

    Abstraction

    The cause of low student learning outcomes in the subjects of simulation and digital communication is because the lessons used in the classroom tend to be conventional, thus causing students less active in learning and resulting the student responses is low in learning. This study aims to determine the effect of cooperative learning model of example non example type on the cognitive learning outcomes of SMK students on the subject of simulation and digital communication at SMK Nurul Amanah academic year 2017/2018. This research is quantitative research of quasi experimental type with non-equivalent control group design and a sampling type of saturated sampling. Population and the sample of this research are 48 students of class X TKJ at SMK Nurul Amanah, Tanah Merah, Bangkalan. The instrument that is used is a test of learning outcomes, observation sheet of learning implementation in term of teacher activity, student activity observation sheet, and student response questionnaire. Based on the result of the research, it was found that: (1) implementation of learning in term of mastery of students’ learning outcomes experimental group was 65, teacher activity during two meetings was 91,82% and student activity for two meetings average of 77,24% was good, (2) there was a significant effect as evidenced by the value of t = 5,5196 > t-table = 2,0739, and (3) the students’ response earned an average of 83,50% belonging to the good category. Keywords: Influence, Example Non Example, Learning Outcomes, Simulation and Digital Communications

Detail Jurnal