Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMK PADA MATERI SUBNETTING
    Penulis : SITI NUR RAHMATUL SIAMI
    Dosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI
    Dosen Pembimbing II :WANDA RAMANSYAH
    Abstraksi

    Pembelajaran pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar hanya sebatas metode ceramah tanpa mengguakan pembelajaran. Efeknya minat dan hasil belajar siswa sangat rendah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi subnetting terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X SMK. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Labang dengan teknik sampel Sampling Jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian yaitu, X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa angket minat dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan (1) Rata-rata hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari aktivitas guru sebesar 91,76% dengan kategori sangat baik dan rata-rata hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari aktivitas siswa sebesar 77,15% dengan kategori baik; (2) Uji signifikansi minat belajar menunjukkan thitung > ttabel atau 2,76 > 2,05, maka Ho ditolak sehingga peneliti menyimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi subnetting berpengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Labang; (3) Hasil uji signifikansi hasil belajar kognitif menunjukkan thitung > ttabel atau 4,14 > 2,05, maka Ho ditolak sehingga peneliti menyimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi subnetting berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Labang. Kata – Kata Kunci : Pengaruh, Team Games Tournament (TGT), Minat dan Hasil Belajar

    Abstraction

    Learning on the subject of Komputer dan jaringan Dasar is limited to lecture method without using learning. The effect of interest and student learning outcomes is very low. The purpose of this study was to determine the effect of cooperative learning model of Team Games Tournament (TGT) type on subnetting material on the interest and learning outcomes of students of class X SMK. This research is an experimental Quasi Experimental nonequivalent control group design. This research was conducted at SMK Negeri 1 Labang with sampling technique of Saturated Sampling where the entire population was sampled in research that is, X TKJ 1 as experiment class and X TKJ 2 as control class. The instruments used are teacher activity observation sheets, observation sheets of interest questionnaires and test results. The results showed (1) The average results of the assessment of the implementation of learning in terms of teacher activity of 91.76% with very good category and the average results of assessment of learning implementation in terms of student activity of 77.15% with good category; (2) The significance test of learning interest shows thitung> ttabel or 2,76> 2.05, hence Ho is rejected so that the researcher concludes cooperative learning model of Team Games Tournament (TGT) type on subnetting material have significant effect to student learning interest of class X TKJ 1 SMK Negeri 1 Labang; (3) Result of significance test of cognitive learning result show thitung> ttabel or 4,14> 2,05, hence Ho is rejected so that researcher conclude cooperative learning model of Team Games Tournament type (TGT) on subnetting material have significant effect to student learning result class X TKJ 1 SMK Negeri 1 Labang. Keywords : Influence, Team Games Tournament (TGT), Interest and Learning Outcomes

Detail Jurnal