Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERMINOLOGI DASAR JARINGAN SMK KELAS XI MENGGUNAKAN MIND MAP BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMKN 1 AROSBAYA)Penulis : WANDY E SIHOMBINGDosen Pembimbing I : Medika Risnasari, S.ST., M.T.Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
SMK dituntut untuk membentuk siswa memiliki keterampilan yang mempuni setelah mampu memahami materi pada saat pembelajaran. Materi terminologi dasar jaringan merupakan salah satu materi yang harus dipahami oleh siswa sebelum melakukan praktek. Media pembelajaran adalah salah satu alternatif dalam menyampaikan materi tersebut. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pengembangan media pembelajaran mind map berbasis web pada materi terminologi dasar jaringan dalam bidang pendidikan secara efektif dan inovatif. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Arosbaya yang mana siswa membutuhkan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan belajar. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media berdasarkan uji kelayakan yang difokuskan dengan tiga kriteri yaitu: efektivitas, efisiensi, dan daya Tarik. Hasil uji kelayakan dari ahli media produk memperoleh persentase sebesar 86.67% dengan kategori “tinggi”, ahli materi memperoleh persentase sebesar 82.71% dengan kategori “tinggi”, uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori “tinggi”, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 83.25% dengan kategori “tinggi”, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 80.20% dengan kategori “tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran terminologi dasar jaringan dengan menggunakan mind map berbasis web masuk dalam kategori “tinggi” dan layak digunakan di sekolah.
AbstractionVocational schools are required to form students who have skills that are skilled after being able to understand the material during learning. Basic network terminology material is one of the material that must be understood by students before practicing. Learning media is one alternative in delivering the material. This development research aims to develop and validate the product development of web-based mind map learning media in effective and innovative basic network material terminology in the field ofeducation. The method used in this development research is ADDIE This research was conducted in SMKN 1 Arosbaya in which students need media learning that can motivate students in 2 improving learning. The results showed the quality of the media based on feasibility tests that were focused on three criteria, namely: effectiveness, efficiency, and attractiveness. The results of the feasibility test of media expert products earn a percentage of 86.67% by category, “high” material experts earn a percentage of 82.71% by category, “high” individual trials earn a percentage of 84% by category “high”, trials a small group of 83.25% by category “high”, earn a percentage and test results earn a percentage of 80.20% with a large group of “high” categories. Can be concluded that the media basic terminology learning network by using the mind web-based folder incomingIn the category of “high” and worthy used in school.