Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Prosedur Instalasi Peripheral Kelas X TKJ Putri SMK Agung Mulia
    Penulis : Aminatus Suhriyah
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST., M.T.
    Abstraksi

    Pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat merupakan masalah yang perlu dicari alternatif penyelesaiannya, karena pemilihan strategi pembelajaran yang tepat merupakan hal dasar yang dapat berpengaruh besar terhadap jalannya proses pembelajaran, dan lebih dari itu langsung dapat berpengaruh pula terhadap tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajara Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Prosedur Instalasi Peripheral. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Desaign yang dilaksanakan di kelas X TKJ putri. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan angket. Dari teknik pengumpulan data tes hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan test berupa soal pretestt dan posttest, hasil dari pengumpulan data menggunakan uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 2,463 dan ttabel sebesar 2,101, sehingga thitung lebih dari ttabel yang artinya Ho ditolak dan H¬a diterima. Ha dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada materi prosedur instalasi peripheral kelas X TKJ putri SMK Agung Mulia, sehingga dapat disimpukan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Map dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengumpulan data lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Lembar observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama mendapatkan presentase klasikal sebesar 90% dengan kategori sangat baik, pertemuan kedua mendapakan persentase klasikal sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dan perbaikan dari pertemuan pertama ke pertemuan yang kedua. Sedangkan lembar observasi siswa pada pertemuan pertama mendapat presetase klasikal sebesar 78% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua mendapat presentase klasikal sebesar 89% dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan selama dua kali pertemuan aktivitas siswa dengan menggunakan strategi Mind Map. Hasil pengumpulan data angket respon siswa diperoleh jumlah prosentase sebesar 79% dengan kategori kuat,yang artinya respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Mind Map memperoleh hasil yang baik (kuat). Kata-kata Kunci: Strategi Pembelajaran Mind Map, Hasil Belajar, lembar observasi, angket respon siswa.

    Abstraction

    The selection of less precise learning strategy is a problem that needs to be sought alternative solution, because the selection of appropriate learning strategy is the basic thing that can have a big effect on the course of the learning process, and more than that can directly affect the achievement of learning objectives and student learning outcomes. The aim of this research was to find out wheter the infivence of min map strategy to the students learning outcomes in peripheral installation procedure material. this study is quantitative research, it used quasi experimental design that baing applied at tenth grade students of TKJ pi. The techniques collecting data that was used in this research were observation and questionnaire. based on data collection students skill measured by using test. it were pretest and posttest. From the data collection by significance test, it showed taccount was 2,463 and ttable ¬ was 2,101. t account was bigger than ttable . it means that Ho was rejected and Ha was accepted. Ha in this research had significance influence of Mind Map strategy to the students learning outcomes in peripheral installation procedure material at tenth grade students TKJ pi of SMK Agung Mulia. because of that, it concluded Mind Map influenced students learning outcomes. based on the result of collecting data observation letter that consist of teacher and students observation, at the first meeting teacher’s observation letter got 90% classification with very good cantegory. the second meeting it got 91% classification with very good cantegory. it showed that there was improvement from the first and the second meetings. while students observation letters got 78% classification with good category at the first meeting, the second meeting it got 89% classification with very good cantegory. It indicated that there was an increase for two times meeting by using Mind Map. the result of students questionnaire responses, it got 79% with strong category, it means that students responses of learning process that used Mind Map got strong result. Key word : Learning Strategy Mind Map Learning outcomes observation letter, students questionnaire, Responses.

Detail Jurnal