Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3D PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH GANDA KELAS VIII (STUDI KASUS: MTs N 2 LAMONGAN)
    Penulis : Ahmad Fajar Ramadhan
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk sebagai inovasi teknologi yang mampu memperbaiki media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Sistem peredaran Darah Ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran Animasi 3D. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan lima tahapan, yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pengujian penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 9 di MTs Negeri 2 Lamongan dengan menggunakan tiga aspek, yaitu efektivitas, efisiensi, dan daya tarik. Hasil penelitian yang dilakukan mendapatkan penilaian sebesar 87,5% dari ahli rancangan media, 93% dari ahli isi/materi, 83,3% dari uji coba perorangan, 84 % dari uji coba kelompok kecil, dan 86% dari uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran animasi 3D dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi sistem peredaran darah ganda.

    Abstraction

    This research aim to develop the product as technology innovation which can improve learning media which is used in learning process in the material of circulation of double bold. This research aim to know the suitability and the response of the students to the learning media 3D animation. This research use developing ADDIE model. It has five steps, those are Analized, Design, Development, Implementation and Evaluation. The testing of the research is done to the students of 9 grade MTS Negeri 2 Lamongan which use three aspects. They are effectiveness, efficient and interest. The result of the research 87,5% of the expert media program, 93% the expert of material, 83,3% of the personality trial, 84% of the small group trial, 86% of the big group trial. Based on the result of the learning 3D animation is suitable used in learning material system of double bold.

Detail Jurnal