Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI PENGENALAN HARDWARE MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK AL HIKAM BANGKALAN
    Penulis : ERICK PRASETYO
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan dari hasil wawancara salah satu guru di SMK Al Hikam bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membedakan beberapa perangkat keras komputer beserta fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android untuk melakukan pengujian aplikasi terhadap beberapa ahli yang dihasilkan dan membuat media pembelajaran untuk materi Pengenalan Perangkat Keras Komputer. Penelitian ini sebagai perkenalan tentang media Augmented Reality 3D terhadap guru bidang studi dan ahli materi. penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan kepada beberapa ahli dan salah satu guru bidang studi kelas X SMK AL HIKAM dengan menggunakan tiga aspek yaitu efektivitas, efisiensi dan daya tarik. Berdasarkan hasil pengujian terhadap beberapa ahli dengan mendapatkan hasil sebesar 91% untuk ahli materi, 94% untuk ahli media dan 83% untuk guru bidang studi. Berdasarkan penilaian tersebut media berbasis Android dinyatakan memeiliki kualifikasi layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Pengenalan Perangkat keras Komputer. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android, pengenalan Perangkat Keras Komputer, Augmented Reality 3D

    Abstraction

    This research was conducted from the results of an interview by one teacher at Al Hikam Vocational School that students had difficulty in distinguishing some computer hardware and its functions. This study aims to develop Android-based learning media to test applications for some experts produced and create learning media for the introduction of Computer Hardware. This research is an introduction to the 3D Augmented Reality media for subject matter teachers and subject matter experts. This study uses the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted to a number of experts and one of the subjects in the X grade of SMK AL HIKAM by using three aspects namely effectiveness, efficiency and attractiveness. Based on the results of testing of several experts by getting results of 91% for material experts, 94% for media experts and 83% for subject matter teachers. Based on this evaluation, Android-based media are stated to have the right qualifications to be used as learning media in the introduction of computer hardware. Keywords: Learning Media, Android, introduction of Computer Hardware, 3D Augmented Reality

Detail Jurnal