Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh model pembelajaran kooperatif metode two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada materi permasalahan perangkat keras kelas X SMKPenulis : Qiroatul MaghvirohDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah,S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar pada materi permasalahan perangkat keras komputer kelas X SMK. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non equivalent Control Group Design. Penelitian menemukan bahwa : (1) Hasil perhitungan dengan menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Dari data hasil penelitian diperoleh jumlah jenjang yang kecil nilainya adalah 0,0 dan nilai t tabel 52. Maka H0 ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK.(2) Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari observasi aktivitas guru yang telah dilaksanakan pada pertemuan pertama mendapatkan persentase 91,42 % yang termasuk kategori “sangat baik”, sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh persentase 97,14% yang temasuk kategori “sangat baik”. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama memperoleh persentase 80,14% termasuk golongan kategori “sangat baik”, sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh persentase 85,71% termasuk golongan kategori “sangat baik”. Kata-kata Kunci : model pembelajaran kooperatif metode two stay two stray, permasalahan perangkat keras.
AbstractionThis research aims to know the influence of cooperative learning model of method Two Stay Two Stray towards the results of the study on computer hardware problem material grade X CMS. This research using quantitative research methods with Quasi Experimental Research Design types. The design used in this study are Non equivalent Control Group Design. The study found that: (1) the results of the calculation by using the wilcoxon test match pairs test. Research results from data retrieved a small amount of level of value is 0.0 and the value t table 52. Then H0 is rejected, so it can be concluded that there is a model of cooperative learning methods influence the Two Stay Two Stray towards learning outcomes grade X CMS. (2) the results of the analysis of the executable of learning in terms of the observation activities of teachers that have been implemented at the first meeting of 91.42% get a percentage which includes the category of "very good", while on the second meeting of the percentage obtained 97.14% which included the category "very good". While the executable observation of learning activities of students at the first meeting gained 80.14% percentage includes the category "very good", while on the second encounter 85.71% percentage gain including the the category of "very good". Key words: cooperative learning model of two methods stay two stray, hardware problems.