Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Percabangan Kelas X Di SMKN 2 BangkalanPenulis : Nilli RohmaniyahDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada materi struktur percabangan di SMKN 2 Bangkalan yang dilihat dari motivasi siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Experimental Design. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X RPL SMKN 2 Bangkalan yang berjumlah 56 siswa. Dari populasi tersebut dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t untuk motivasi belajar siswa diperoleh thitung sebesar 5,79941. Sedangkan ttabel sebesar 2,056. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa model cooperative script mampu meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Kemudian dari perhitungan angket respon siswa diperoleh hasil 78,33% dengan kategori kuat. Kata-kata Kunci : Cooperative Script, Motivasi Belajar Siswa, Struktur Percabangan.
AbstractionThis study aims to determine the effect of cooperative script learning model on learning motivation of class X students on branching structural material in SMKN 2 Bangkalan viewed from student motivation and student's response to learning. This research is quantitative research using Quasi Experimental Design method. The form of research design used is Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted in class X RPL SMKN 2 Bangkalan, amounting to 56 students. Of the population is divided into two classes, namely the experimental class amounted to 28 students and control class amounted to 28 students. The instrument used is a questionnaire of student learning motivation, teacher activity observation sheet, student activity observation sheet, and student response questionnaire. Based on the results of t test calculations for student learning motivation obtained t count of 5.79941. While the ttable of 2.056. From these results can be concluded that the value of t count is greater than the value of ttable. Meaning H0 rejected and Ha accepted. It shows that cooperative script model able to increase student activity and motivation in learning implementation. Then from the calculation of student response questionnaire obtained 78.33% results with strong category. Key Words: Cooperative Script, Student Motivation, Branch Structure.