Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATERI STRUKTUR PERULANGAN KELAS X SMK TKJ (Penelitian di SMK Negeri 1 Kwanyar)
    Penulis : Qurrotu'aini
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Hasil belajar siswa pada materi struktur perulangan tergolong rendah, Hal ini dipengaruhi karena kurang tepatnya memilih model pembelajaran, selama ini pembelajaran masih bersifat konfensional yang menyebabkan siswa pasif. Siswa hanya menungu materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada materi struktur perulangan dengan menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, hasil belajar kognitif , dan hasil belajar psikomotorik siswa. Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, peneliti menggunakan intrumen tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda. Tes hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji signifikan, diperoleh thitung sebesar 2.866 dan ttabel sebesar 2.056, sehingga thitung > ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak. untuk mengetahui hasil belajar psikomotorik siswa peneliti menggunakan intrumen penilaian kinerja berupa lembar observasi. Tes hasil belajar psikomotorik juga dianalisis menggunakan uji signifikan diperoleh thitung sebesar 2.46 dan ttabel sebesar 2.056, sehingga thitung > ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan psikomtorik siswa pada materi struktur perulangan. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri, Struktur Perulangan.

    Abstraction

    Abstract Student learning outcomes in a looping structure material is low, This is affected due to less precisely choose the model of learning, during the learning is still a confessional that causes passive students. Students just waited material presented by the teacher. The purpose of this study was to determine the effect of inquiry learning model of the cognitive and psychomotor learning outcomes of students in the material looping structure by using Quasi-Experimental Design with the study design Nonequivalent Control Group Design. Sampling in this study using techniques nonprobability Sampling with saturated sample types. The instrument used in this study is the observation sheet teacher activity, student activity observation sheet, the cognitive learning, and psychomotor learning outcomes of students. To determine the cognitive achievement of students, researchers used a cognitive achievement test instruments in the form of multiple choice questions. Tests of cognitive learning outcomes were analyzed using significant test, obtained t for 2.866 and ttable by 2.056, that t > ttable it can be stated that Ho is rejected. to determine the learning outcomes of students psychomotor performance assessment researchers used instruments such as observation sheets. Psychomotor achievement test was also analyzed using significant test obtained t at 2.46 and ttable by 2.056, that t > ttable it can be stated that Ho is rejected. The conclusion from this study that the model of inquiry learning effect on cognitive learning outcomes and student psychomotor the looping structure of matter. Keywords: Results Learning, Inquiry Learning Model, Repetition Structure.

Detail Jurnal