Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X RPL Pada Materi Presentasi Video Tahapan Pasca ProduksiPenulis : Nurul FadilahDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penyebab rendahnya ketuntasan belajar pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Siskomding) karena metode pembelajaran yang digunakan di kelas kurang tepat, sehingga mengakibatkan minat belajar siswa kurang serta hasil belajar yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Maka, dipilih model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap minat belajar siswa pada materi presentasi video tahapan pasca produksi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Bangkalan dengan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu kelas X RPL1 sebagai kelas eksperimen dan X RPL 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar yang berupa pretest dan post test, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar aktivitas siswa. Uji hipotesis minat belajar menggunakan uji statistik. Dari hasil penelitian menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,320 dan ttabel sebesar 2,05553, sehingga thitung lebih besar dari ttabel dan menyatakan H0 ditolah dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan minat belajar siswa. Kata-Kata Kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Pair Checks, Simulasi dan Komunikasi Digital (Siskomdig).
AbstractionThe cause of the lack of learning mastery in the subject of Simulation and Digital Communication (Siskomding) because the learning method used in the class is less precise, resulting in less student learning interest and less satisfactory learning outcomes. Therefore, an innovative learning model is required. Thus, selected cooperative learning model type pair checks. The purpose of this study was to determine the effect of cooperative learning model type pair checks on student learning interest in video presentation material post-production stage. This research is a quantitative research using Quasy Experimental Design design with Noquivalent Control Group Design research design. This research was conducted in SMK Negeri 2 Bangkalan with sample which used is saturated sample, where all member of population used as sample, that is class X RPL1 as experiment class and X RPL 2 as control class. The instrument used is a questionnaire of learning interest in the form of pretest and post test, teacher activity observation sheet, and student activity sheet. Hypotheses test interest in learning using statistical tests. From result of research use t-test obtained tcount equal to 2,320 and ttable equal to 2,05553, so tcount is bigger than ttable and states H0 is processed and H1 accepted. The conclusion of the study there is a significant influence between cooperative learning model pair checks type with student learning interest. Key Words: Learning Interests, Cooperative Learning Model, Pair Checks, Simulation and Digital Communication (Siskomdig).