Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK
    Penulis : Vita Yuni Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak Pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat merupakan masalah yang perlu dicari alternatif penyelesaiannya, karena pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan hal dasar yang dapat berpengaruh besar terhadap jalannya proses pembelajaran, dan lebih dari itu langsung dapat berpengaruh pula terhadap tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Hikam dengan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest, lembar pengamatan terhadap guru dan siswa dan angket respon siswa. Tes hasil belajar dianalisis menggunakan uji statistik. Dari hasil penelitian menggunakan uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 2,91009 dan ttabel sebesar 2,021, sehingga thitung lebih dari ttabel dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model Treffinger terhadap hasil belajar siswa. Kata-kata Kunci: hasil belajar, Model Pembelajaran Treffinger, Pemrograman dasar

    Abstraction

    Abstract The application of unappropriate learning model is a problem that needs to be solved its alternative solutions, because the application of appropriate learning model used as the basic thing that can greatly influence the learning process, and more than that it can directly affect the achievement of learning objectives and student learning outcomes. The purpose of this study is to determine the influence of Treffinger learning model to the student’s learning outcomes on basic programming subjects. This research is a quantitative research using Quasi Experimental Design with Noquivalent Control Group Design as the research design.This research was conducted at Al-Hikam Senior high school with the sample used were saturated samples, where all members of the population are sampled. They are consist of tenth grade of computer networking technique 1 (TKJ 1) as the control class and the tenth grade of computer networking technique 2 (TKJ 2) as the experimental class. The instrument used is a test of learning outcomes in the form of pretest and posttest, a sheet of observation of teachers and students, and the questionnaires of student’s response. The test of learning outcomes was analyzed using statistical tests.Based on the result of research using significance test obtained tcount equal to 2,91009 and ttable equal to 2,021, so tcount more than ttabel can be declared H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this research is the influence of Treffinger model to student learning outcomes. Key Words: Learning Outcomes, Treffinger Learning Model, Basic Programming

Detail Jurnal