Detail Karya Ilmiah

  • Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Pemrograman Dasar Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing - Intuition
    Penulis : SANTI FA'IZATUN NAFISAH
    Dosen Pembimbing I : Medika Risnasari, S. ST., M. T.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Kamal. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa 50% siswa tidak paham dengan materi yang diajarkan oleh guru serta siswa yang kurang bisa mengembangkan keterampilan berpikir kreatifnya, oleh karena itu pada penelitian ini diambil data mengenai proses berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa dengan menggunakan indikator berpikir kreatif Wallas, yaitu tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi dan tahap verifikasi dalam pemecahan masalah pemrograman dasar yang ditinjau dari tipe kepribadian sensing - intuition. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang diguakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Diperoleh 8 subjek yang diambil dari kelas X RPL 2 SMKN I Kamal dengan kategori tipe kepribadian sensing – judging, sensing – perceiving, intuition - thinking, dan intuition - feeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan tipe kepribadian sensing – judging dapat melalui tahap persiapan, tahap iluminasi dan tahap verifikasi dengan baik dan dapat melalui tahap inkubasi namun tidak lengkap ; 2) siswa dengan tipe kepribadian sensing – perceiving dapat melalui tahap persiapan, tahap iluminasi dan tahap verifikasi dengan baik dan dapat melalui tahap inkubasi namun tidak lengkap; 3) siswa dengan tipe kepribadian intuition - thinking dapat melalui tahap persiapan, tahap iluminasi dan tahap verifikasi dengan baik dan dapat melalui tahap inkubasi namun tidak lengkap; 4) siswa dengan tipe kepribadian intuition - feeling dapat lalui tahap persiapan dengan baik, dapat melewati tahap inkubasi dan iluminasi namun tidak lengkap dan tidak bisa melewati tahap verifikasi. Kata Kunci: ProsesBerpikir Kreatif Wallas, Pemecahan Masalah Pemrograman Dasar, Tipe Kepribadian Sensing - Intuition.

    Abstraction

    ABSTRACT This research was carried out in Public Vocational School I Kamal. Based on pre-research show that 50% of student don’t understand the material taught by teachers as well as and student who are less able to develop their creative thinking skills, therefore in this study data were taken about studen’t creative thinking processes. The objectives of this study is to describe the profile of students creative thinking by using Wallas’s creative thinking indicators, that preparation, incubation, illumination and verification in solving basic programming problem in term of personality types sensing – intuition. This types of research is descriptive qualitative using purposive sampling technique. The data analysis that used in this research are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Obtaining 8 subject taken from class X RPL 2 Public Vocational School I Kamal with categories of personality types sensing – judging, sensing – perceiving, intuition – thinking and intuition feeling. The result of the study show that: 1) student with sensing – judging personality types can pass preparation, illumination, and verification well and can pass incubation but are incomplete; 2) student with sensing – perceiving personality types can pass preparation, illumination, and verification well and can pass incubation but incomplete; 3) student with intuition – thinking types can pass preparation, illumination, and verification well and can pass incubation but incomplete; 4) student with intuition – feeling types can pass preparation well, can pass incubation and illumination but incomplete and can’t pass verification. Keywords: Wallas’sCreative Thinking Process, Basic Programming Problem Solving, Personality Types Sensing – Intuition.

Detail Jurnal