Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATERI OPERASI CAMPURAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI DARUL FALAH SURABAYAPenulis : Miftahuda Adam I.N.Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S. Pd., M. PdDosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S. Pd., M. PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi operasi hitung campuran di tingkat Sekolah Dasar untuk membantu siswa lebih memahami konsep operasi hitung campuran pada pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas dan respon subjek terhadap media game edukasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Impelementation, dan Evaluation). Pengujian pada penelitian ini dilakukan kepada siswa di SDI Darul Falah Surabaya. Hasil yang didapat pada penilaian dari aspek bahasa sebesar 88%, aspek materi sebesar 85%, aspek media sebesar 92,5%, uji coba subjek secara perorangan 83,89%, uji coba kelompok kecil 86,46%, uji coba kelompok besar 87,61%. Berdasarkan hasil tersebut, media game edukasi berbasis pada penelitian ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran operasi hitung campuran pada mata pelajaran matematika.
AbstractionThis study aims to develop an Android-based educational game learning media in mixed counting operating material at the elementary school level to help students better understand the concept of mixed counting operations in mathematics. This research was conducted to determine the quality and response of the subject to the educational media game developed. This study uses the development method (R & D) with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Impelementation, and Evaluation). Tests on this study were conducted on students at SDI Darul Falah Surabaya. The results obtained from the assessment of the language aspect amounted to 88%, the material aspect was 85%, the media aspect was 92.5%, individual subject trials 83.89%, small group trials 86.46%, large group trials 87,61%. Based on these results, educational game media based on this study were declared fit for use in mixed counting operations learning on mathematics subjects.