Detail Karya Ilmiah
-
PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALGORITMA PERCABANGAN DI SMK NEGERI 2 BANGKALANPenulis : Miftahul KhoirDosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran konstruktivisme dan pembelajaran konvensional berdasarkan kategori kemampuan berpikir kritis siswa serta interaksi antara pembelajaran kontruktivisme dan kemampuan berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X TKJ SMKN 2 Bangkalan yang berjumlah 47 siswa, dengan sampel sebanyak 23 siswa kelas X TKJ 1 dan 24 siswa kelas X TKJ 2. Penelitian ini mengunakan desain faktorial 2x2 dengan teknik sampling jenuh. Data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes kemudian dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan pembelajaran konstruktivisme dan siswa dengan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dan siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori rendah, (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan pembelajaran konstruktivisme dan kemampuan berpikir kritis ditinjau dari hasil belajar siswa, (4) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dikatakan baik. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa
AbstractionThis study aims to determine the differences in learning outcomes between students who take constructivism learning and conventional learning based on the category of students' critical thinking skills and the interaction between constructivism learning and critical thinking skills. The population of this study were all students of class X TKJ SMK 2 Bangkalan totaling 47 students, with a sample of 23 students of class X TKJ 1 and 24 students of class X TKJ 2. This study used a 2x2 factorial design with saturated sampling technique. Data on critical thinking skills and student learning outcomes were collected through tests then analyzed using two-way ANAVA. The results showed that: (1) There were differences in learning outcomes between students with constructivism learning and students with conventional learning, (2) There were differences in learning outcomes between students with high critical thinking skills and students with low critical thinking skills, (3) There is no interaction between the use of constructivism learning and critical thinking skills in terms of student learning outcomes, (4) Student responses to learning using the constructivism approach are said to be good. Keywords: Constructivism Learning Approach, Critical Thinking Skills, Student Learning Outcomes.