Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X TKJ Pada Pelajaran Sistem Komputer Di SMKN 1 Rejotangan
    Penulis : Ustya Lis Kawarini
    Dosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro,S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif,S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak Ketuntasan belajar siswa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya karena pendekatan pembelajaran yang tidak dipusatkan pada siswa, akibatnya siswa kurang tertarik dan tidak bisa mengemukakan berbagai macam pendapatnya. Hal ini menyebabkan siswa kurang memahami pelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran sistem komputer kelas X TKJ di SMKN 1 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu seluruh siswa kelas X TKJ yang terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji signifikansi thitung = 4,718 > ttabel = 2,021 , maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Hal ini diperkuat dengan hasil observasi aktivitas guru sebesar 86,5% dengan kategori sangat baik, hasil observasi aktivitas siswa sebesar 64% dengan kategori baik, dan hasil angket respon siswa sebesar 82,7% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar

    Abstraction

    Abstract Completeness of student learning are caused by various things, one of them is because the approach of learning is not concentrated on the students, consequently the students are less interested and can not express a variety of their opinions. This case causes the students are less understanding of the lesson, sothe results of student learning are low. The purpose of this study is to determine the results of constructivism learning on outcomes of student cognitive learning on the classroom computer lesson system of grade X TKJ in SMKN 1 Rejotangan.This research uses Quasi Experimental Design with Noquivalent Control Group Design with research design. The samples which is used in this research were saturated samples, those are all students of class X TKJ consisting of 39 students experiment class and 37 students of control class. The instruments used are test result of learning in the form of pretest and posttest, observation sheet of teacher activity, observation sheet of student activity, and student response questionnaire. Based on the results of the research, the significances test are obtainedtcount = 4.718>ttable = 2.021, then H0 rejected and Ha accepted, it is meant that there is a significant influence on the use of constructivism learning approach. This is reinforced with observation result of teacher activity equal to 86,5% with very good category, observation result of student activity equal to 64% with good category, and result of student response questioner equal to 82,7% with very good category. Keyword: influence, constructivism approach, learning outcomes

Detail Jurnal