Detail Karya Ilmiah

  • Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kelas Maya Kelas X SMKN 1 Sumenep
    Penulis : akifah
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S. Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada materi kelas maya di kelas X SMKN 1 Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data sampel menggunakan teknik Nonprobablity Sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: (1) keterlaksanaan guru dalam pembelajaran selama 2 kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 87,64% termasuk kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran selama 2 kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 87,87% termasuk kategori sangat baik, (3) respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 82,07% termasuk kategori sangat baik, (4) hasil belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 81,92 dan kelompok kontrol sebesar 75,56. Peningkatan dari hasil belajar siswa pretest ke posttest yang dilihat dari nilai gain ternormalisasi sebesar 0,630 yang termasuk kategori sedang. Keempat dari indikator tersebut terlaksanakan dengan baik. Pada uji-t diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,06069 > 2,042 dengan taraf signifikan ?=0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari empat indikator terlaksana dengan baik sehingga dapat dikatan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI “efektif” pada materi kelas maya pada mata pelajaran simulasi digital di SMKN 1 Sumenep. Kata kunci : Efektivitas, Kooperatif Tipe TAI, Kelas Maya

    Abstraction

    This study has a purpose that is to know the effectiveness of cooperative learning model type TAI on student learning outcomes on virtual class materials in class X SMKN 1 Sumenep. This research is a Nonequivalent Control Group Design research using Pretest-Posttest Control Group Design. Sampling data using technique Nonprobablity Sampling with type of Saturated Sampling. Based on the results of the research: (1) the teacher's implementation in the learning during the 2 meetings obtained an average of 87.64% including the excellent category, (2) the students' activity in learning during the 2 meetings obtained an average of 87, 87% included very good category, (3) students' response earned an average of 82.07% including very good category, (4) student learning outcomes got average of 81,92 and control group equal to 75,56. Improvement of pretest student learning outcomes to posttest seen from normalized gain value of 0.630 which belongs to medium category. Four of these indicators are well implemented. In t-test, the result of tcount> ttable is 2.06069> 2.042 with significant level ? = 0,05. So it can be concluded that the four indicators performed so well that it can be said that cooperative learning model type TAI "effective" on the virtual class material on the subject of digital simulation in SMKN 1 Sumenep. Keywords: Effectiveness, Co-operative Type TAI, Maya Class

Detail Jurnal