Detail Karya Ilmiah
-
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI MINAT SISWA PADA MATERI OPERASI LOGIKA ARIMATIK (HALF-FULL ADDER, RIPPLE CARRY ADDER) kelas X TKJ SMK PGRI 1 BangkalanPenulis : MusarrofahDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S. Pd,. M. Pd.Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S. Pd,. M. Pd.Abstraksi
Penyebab siswa kesulitan menyelesaikan soal dan cenderung jawaban siswa sama ketika saat mengerjakan soal Operasi logika karena guru tidak mengajarkan siswanya untuk berpikir kreatif. Artinya, pada saat pembelajaran guru hanya mentrasfer ilmu pengetahuan kepada siswa tanpa memberikan kesempatan yang cukup kepada siswa untuk menggali lebih dalam pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau miat belajar siswa. Indikator yang digunakan ialah indikator berpikir kreatif menurut Munandar. Dalam penelitian ini, Minat belajar siswa dikategorikan menjadi tiga yaitu Minat belajar Personal; Minat belajar situasional; dan Minat belajar taraf tinggi. Untuk mendapatkan kelompok minat belajar siswa tersebut dilakukan pengisian angket minat belajar. Dari keenam subjek tersebut diberikan soal materi operasi logika aritmatik dengan tujuan mengidentifikasikan kemampuan berpikir kreatif dari masing–masing minat belajar yang dimiliki siswa. Hasil yang diperoleh adalah Siswa dengan minat belajar personal dapat mencapai dua indikator, yaitu lancar dan lentur; Siswa dengan mina belajar situasional dapat mencapai satu indikator, yaitu lancar; Siswa dengan minat belajar taraf tingi dapat mencapai tiga indikator, yaitu lancar, lentur, dan terperinci. Kata-kata Kunci: Berpikr Kreatif, Minat Belajar, Personal, Situasinal, Taraf Tiggi, operasi logika arimatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder).
AbstractionThe cause of the students difficulties solving the problem and tend to answer the same student when working on the problem operation logic because the teacher does not teach students to think creatively. That is, at the time of the teacher’s learning only transfer of knowledge to students without providing sufficient opportunities for students to dig deeper knowledge of their own. The purpose of this study was to identify students creative thinking ability reviewed student learning intentions. The indicator used is the indicator Munandar. In this study, students learning interests are categorized into three Personal learning interest; Situational interest; and high learning interest. To get the student interest groups are conducted by filing questionnaire interest in learning. Of the six subjects are given the matter of arithmetical logic operations with the aim of identifying the ability to think creatively from each students interest in learning. The result obtained are students with personal learning interest can achieve two indicators, namely smooth and flexible; Students with interest to learn situational can achieve one indicator, that is smoothly; Student with high learning interest can achieve three indicators, namely smooth, flexible, and elaboration. Key Words:Thinking creatively, Learning interest, Individual, Situational, High order, Arithmetical logic operation.