Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran pemrograman Dasar kelas X di SMK Negeri 1 KamalPenulis : Yulia Nuraini MaulidiahDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Peajaran Pemrogramn Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Kamal” bertujuan untuk mengetahui pengaruh SPPKB terhadap hasil belajar siswa. Materi pada penelitian ini yaitu tipe data, variabel, konstanta, dan ekspresi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan true experimental design bentuk pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X RPL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara acak dengan cara di undi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah intrumen tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa: (1) Uji regresi linier sederhana menunjukkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 76,92. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,798 > ttabel = 2,064, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa. (2) Hasil observasi aktivias guru secara klasikal memperoleh rata – rata 91,05% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivias siswa secara klasikal memperoleh rata – rata 72,98% dengan kategori baik. (3) Hasil angket respon siswa secara klasikal memperoleh sebesar 73,98% dengan kategori baik. Kata Kunci : SPPKB, Pemrograman Dasar, Hasil Belajar Siswa.
AbstractionResearch “The influence strategy of learning improving the ability to think againts Student Learning Outcomes on basic programing Subject Class X in SMKN 1 Kamal.” aims to determine the influence strategy of learning improving the ability to think of learning student. Type of this research is quantitative research using true experimental design with pretest-postest control group design. The Sample in this research was class X RPL 1 as control class and class X RPL 2 as experiment class wich seleted random determined by lottery. Collecting data using student achievement test, observation sheet and student response questionnaires. The result of this research show tha: (1) The tst of simple liniar sederhana regresion shows that strategy of learning improving the ability to think can increase students’ achiement as 76,92. Based on the rsult of hypotesis testing t arithmetic = 2,798 > t tabel = 2,064, then Ho is rejected and Ha acceptd, meaning that there is significant influence of strategy learning improving the ability to think. From the result of the observation of theacher activities get a percentage of 91,05% with a very good category. From the result of observation of students activities, it is gained get a percentage of 72,98% with a good category. The Result of student response questionnaires get apercentage of 73,98% with a good category. The result of the significance test obtained tcount(2,798) > ttable(2,064) states that Ho is rejected and Ha accepted. From the analysist, it can be concluded that “there is an influence strategy of learning improving the ability to think againts Learning Outcomes basic programing Student Class X SMKN 1 Kamal“. Keyword : influence strategy of learning improving the ability to think againts Student Learning Outcomes on basic programing Subject Class X in SMKN 1 Kamal, Basic Programing, Student Learning Outcomes.