Detail Karya Ilmiah
-
IDENTIFIKASI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT SISWA DI SMK NEGERI 1 KAMALPenulis : UlfaDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa yang ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive sampling. Indikator minat belajar yang digunakan yaitu perhatian, rasa suka, ketertarikan dan partisipasi. Dalam penelitian ini, minat siswa di kategorikan menjadi tiga, yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah pada gaya kognitif field dependent kategori minat rendah mencapai 3 indikator yaitu perhatian, rasa suka dan partisipasi; kategori minat sedang mencapai 4 indikator yaitu perhatian, rasa suka, ketertarikan dan partisipasi; sedangkan kategori minat tinggi mencapai 4 indikator yaitu perhatian, rasa suka, ketertarikan dan partisipasi. Pada gaya kognitif field independent kategori minat rendah mencapai 3 indikator yaitu rasa suka, ketertarikan dan partisipasi; kategori minat sedang mencapai 4 indikator yaitu perhatian, rasa suka, ketertarikan dan partisipasi; kategori minat belajar tinggi mencapai 4 indikator yaitu perhatian, rasa suka, ketertarikan dan partisipasi.
AbstractionThe purpose of this study was to determine the learning interest of students in terms of cognitive field dependent and field independent styles. This study uses a descriptive qualitative research approach. The sampling technique used in this study was purposive sampling technique. Indicators of learning interest used are attention, love, interest and participation. In this study, student interest was categorized into three, namely low, medium and high. The results of this study are in the field dependent cognitive style of low interest categories reaching 2 indicators, namely, love, liking and participation. The interest categories are reaching 4 indicators, namely attention, love, attraction and participation. While, the high interest category reaches 4 indicators, namely attention, liking, attraction and participation. In the field independent cognitive style, low interest categories reach 3 indicators, namely attention, love and attraction. The interest categories are reaching 4 indicators, namely attention, liking, attraction and participation. The high learning interest categories reached 4 indicators, namely attention, liking, interest and participation.