Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Pada Materi Jaringan LAN di SMK Negeri 2 Bangkalan
    Penulis : MOH. FARID EKO WAHYUDI
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada materi jaringan LAN di SMK Negeri 2 Bangkalan; (2) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS; (3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan nonprobality sampling dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa pretest dan posttest, observasi berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil data yang diperoleh pada penelitian ini, disimpulkan bahwa: (1) Hasil uji signifikansi (uji t) diperoleh hasil thitung = 2,922 > ttabel = 2,080, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada materi jaringan LAN di SMK Negeri 2 Bangkalan; (2) Keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari hasil lembar observasi aktivitas guru memperoleh sebesar 82,12% dengan kategori sangat baik dan hasil lembar observasi aktivitas siswa memperoleh sebesar 78,83% dengan kategori aktif; (3) Hasil angket respon siswa secara klasikal memperoleh sebesar 81,30% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran ARIAS, Jaringan LAN, Hasil Belajar Siswa.

    Abstraction

    The purposes of this study are: (1) to find out the influences ARIAS learning model on TKJ's students in 10th grade's learning outcomes on the subject of LAN network in Bangkalan 2 State Vocational Schools; (2) to find out the learning model implementation by applying ARIAS learning model; (3) to find out the students' responses on the lesson that applied ARIAS learning model. This thesis applied quantitative study by using the experiment research method. The research design on this study uses quasi experimental design in form of nonequivalent control group design. The technique of Sampling on this research utilizes nonprobality sampling of saturation sampling technique. Moreover, The technique of collecting the data is learning outcomes test of pre-test and post-test, and observation of the teachers' observation sheet and students' activities' observation sheet, and questionnaire of students' responses. Based on the acquired result of the data on this research, thus concluded: (1) The result of significance test (t test) acquires t-count = 2,922 > t-table = 2,080, thus Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, the study find significant influences on the application ARIAS learning model on TKJ's students in 10th grade's learning outcomes on the subject of LAN network in Bangkalan 2 State Vocational Schools; (2) The learning implementation is analyzed from the observastion's result of teaher's activitie's acquires 82,12% with category of excelent and the result of observing the student's acquires 78,83% with category of active; (3) the result of student's respinse's questionnaire acquires 81,30% with the category of excelent. Keywords: Influence, ARIAS learning model, LAN network, Student learning outcomes.

Detail Jurnal