Detail Karya Ilmiah

  • Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Bitmap Di SMKN 2 Bangkalan
    Penulis : Bagaseta Yudhistira
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Yudhistira, Bagaseta, 2018. Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Bitmap Di SMKN 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Informatika, Program Sarjana Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing (I) Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd. dan (II) Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Bitmap di SMKN 2 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskpritif. Langkah Pertama dalam melakukan penelitian ini adalah melakukan test Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mengetahui siswa yang memiliki kriteria gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD), Selanjuntya peneliti mengambil 4 subjek yang mempunyai kriteria gaya kognitif Field Independent (FI) 2 siswa dan Field Dependent (FD) 2 siswa, dengan melakukan pertimbangan bersama guru desain grafis kelas X TKJ mengenai hasil test Group Embedded Figure Test (GEFT). Setelah itu, dilakukan test berpikir kreatif dengan materi perangkat lunak pengolah gambar bitmap, kemudian dilakukan test wawancara tiap subjek. Peneliti menemukan bahwa: setiap siswa dapat melakukan berpikir kreatif yang berbeda-beda, Selain itu dalam pembelajaran peserta didik memiliki kategori gaya kognitif yang berbeda-beda. Sehingga dalam memahami pembelajaran, gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) berperan penting dalam berpikir kreatif siswa. Hasil yang diperoleh adalah (1) Siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 yaitu kreatif, dikarenakan subjek Field Independent (FI) tersebut mampu menunjukkan kefasihan dan kebaruan atau kefasihan dan fleksibilitas dalam memecahkan maupun mengajukan masalah, artinya subjek tersebut mampu menjawab dengan 3 jawaban yang berbeda dan jawaban tersebut cara penyelesaiannya beragam dan benar. (2) Siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 2 yaitu cukup kreatif, dikarenakan subjek tersebut mampu menunjukkan kebaruan atau fleksibilitas dalam memecahkan maupun mengajukan masalah, artinya subjek tersebut mampu menjawabnya dengan 1 jawaban yang berbeda-beda atau menyelesaikan dengan berbagai cara. Kata-Kata Kunci : Profil Berpikir Kreatif, Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD), Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Bitmap

    Abstraction

    Yudhistira, Bagaseta, 2018. The Creative Thinking Profile on X-Class of TKJ Students in Viewed from Cognitive Style Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) on Material Image Processing Software of Bitmap at SMKN 2 Bangkalan.Thesis, Informatics Education Program, University of Trunojoyo Madura. The 1st adviser, Muchammad Arif, S.Pd.,M.Pd. and 2nd adviser, Puji Rahayu Ningsih, S.Pd.,M.Pd. Abstract This study aims to find out the creative thinking profile of X-class TKJ, students viewed from cognitive style field independent (FI) and field dependent (FD) on material image processing software of Bitmap at SMKN 2 Bangkalan. This study uses a qualitative approach descriptive. The first step in conducting this research is to conduct a Group Embedded Test (GEFT) test to identify students who have cognitive style criteria of Field Independent (FI) and Field Dependent (FD), and then the researcher take 4 subjects who have cognitive style of Field Independent (FI) 2 students, in Field Dependent (FD) 2 students, taking into consideration with X-class of graphic design teacher of TKJ regarding Group Embedded Test (GEFT) test result. After that, they do a creative thinking test with Bitmap image processing software, then it test in each interview subject. Researchers found that : each student can do different creative thinking. In addition, in learning process, the learners have different categories of cognitive style. So, in understanding learning, Field Dependent (FD) cognitive style take an important role in students’ creative thinking. The result obtained are (1) Students with Field Independent (FI) cognitive style have creative ability in 3 level which is creative because the subject of Field Independent (FI) is able to show eloquence and novelty also flexibility in solving and raising problems, meaning subject is able to answers 3 different answer and the answer is how the solution is diverse and correct. (2) Students with cognitive style of Field Dependent (FD) have creative thinking ability in 2 level which is quite creative because the subject is able to show novelty of flexibility in solving and raising problems, meaning the subject is able to answer it with 1 different answer or finish in many ways. Keywords : Creative Thinking Profile, Field Independent Cognitive Style (FI), Field Dependent (FD), Image of processing Bitmap software.

Detail Jurnal