Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Pada Materi Komunikasi Dalam Jaringan Di SMK Negeri 2 Bangkalan.
    Penulis : Amirul Haq
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penyebab rendahnya hasil belajar siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bangkalan pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang tepat, akibatnya siswa kesulitan memahami materi pelajaran yang disamapaikan guru. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa; 2) Mengetahui keterlakasanaan pembelajaran pada materi komunikasi dalam jaringan dengan menggunakan model pembelajaran SAVI; dan 3) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan teknik Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bangkalan yang berjumlah 47 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jenis sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada materi komunikasi dalam jaringan dibuktikan dengan nilai t_hitung yang diperoleh sebesar 3,034, sedangkan nilai t_tabel untuk taraf signifikan 0,05 diperoleh sebesar 2,080; 2) Ketelaksanaan pembelajaran pada materi komunikasi dalam jaringan dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada hasil observasi aktivitas guru mendapatkan rata – rata keseluruhan persentase sebesar 84% dengan kategori sangat baik, dan juga hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai rata – rata sebesar 73% termasuk dalam kategori “Aktif (A)”; dan 3) Model pembelajaran SAVI mendapatkan respon baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil analisis angket respon siswa yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78% dan termasuk kategori “Baik”. Kata kunci: Model Pembelajaran SAVI, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa.

    Abstraction

    Causes of low student learning outcomes of grade X TKJ SMK Negeri 2 Bangkalan on communication network subject because the learning model use is incorrect. As a result students have difficulty understanding the material conveyed by teacher. So, the purpose this research are: 1) To know the effect SAVI learning model to student learning outcomes; 2) To Know Learning activity on communication network subject using SAVI learning model; and 3) To know students response to SAVI learning model. This is quantitative research use quasi experimental design with Nonequivalent Control Group Design. This research is applied of grade X TKJ SMK Negeri 2 Bangkalan. Which amounted to 47 students sampling. Technique is Non Probability Sampling with saturated sample type. Data collection in this research are test, observation, and quistionaire. Based on the results of the research, it can be concluded that: 1) There is effect of SAVI learning model to learning outcomes of communication network with t_count is 3,034 and t_table with significance 0,05 is 2,080; 2) Learning activity of communication network subject use SAVI learning model at result of observation of teacher activity is 84% categorized very good, and result observation of student activity is 73% categorized “Active”; and 3) SAVI learning model get good response. It can be seen on the result analysis of students quistionaire is 78% categorized “Good”. Keywords: SAVI Learning Model, Learning activity, Student Learning Outcomes.

Detail Jurnal