Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Siding Puri
    Penulis : Taroina Filda Sofa
    Dosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muchamad arif, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar ditinjau dari gaya belajar siswa. Gaya belajar dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data meliputi angket gaya belajar siswa, lembar tes essay untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal, dan pedoman wawancara. Untuk menverifikasi keabsahan data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan kategori gaya belajar visual mengalami kesulitan verbal, karena siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal verbal atau soal cerita. Siswa dengan kategori gaya belajar auditorial mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal verbal atau soal cerita. Dan siswa dengan kategori gaya belajar kinestetik memenuhi semua indikator konsep, prinsip, dan verbal, karena siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal pada semua indikator.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study was to determine the difficulty of students in working on problems in computer subjects and basic networks in terms of student learning styles. Learning styles in this study are grouped into 3 parts, namely, visual learning styles, auditory learning styles, and kinesthetic learning styles. The research is a descriptive qualitative research. Data collection include student learning style questionnaire, essay test sheet to find out the difficulty of students in working on the questions, and interview guidelines. To verify the validity of the data obtained, researchers used source triangulation and technique triangulation. The result of this study are student with visual learning styles categories experiencing verbal difficulties, because students have difficulty in solving verbal questions or story problems. Students in the auditory learning styles category have difficulty applying principles and have difficulty on solving verbal or story problems. And student with kinesthetic learning styles categories meet all indicators of concepts, principles, and verbal, because students have difficulty working on problems on all indicators.

Detail Jurnal