Detail Karya Ilmiah
-
Pemanfaatan Media Lagu Untuk Meningkatkan Motivasi Pada Keterampilan Menulis Narasi Kelas VII SMP Negeri 1 Kamal, BangkalanPenulis : Yunita Ama NingrumDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini memanfaatkan media lagu pada keterampilan menulis narasi karena media lagu adalah salah satu media yang di dalamnya terdapat berbagai macam cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga mampu meningkatkan keinginan siswa untuk membantu menuangkan apa yang ingin diungkapkan dalam bentuk tulisan khususnya pada pelajaran menulis narasi. Menulis narasi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pengaruh media lagu terhadap tingkat motivasi keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kamal, 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kamal dalam penggunaan media lagu terhadap tingkat motivasi keterampilan menulis narasi, dan 3) Mendeskripsikan kesan siswa terhadap pemanfaatan media lagu untuk meningkatkan motivasi pada keterampilan menulis nara kesan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kamal dalam penggunaan media lagu terhadap motivasi keterampilan menulis narasi. Pada hasil penelitian ini terdapat peningkatan yang signifikan pada motivasi hasil belajar dan aktivitas siswa. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media lagu dalam proses pembelajaran. Pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 81. Aktivitas siswa di dalam kelas pun juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan penggunaan media lagu pada saat pembelajaran membuat siswa sangat aktif dan antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini, bisa dilihat pada kelas kontrol yang rata-rata dikategorikan aktif dan kelas eksperimen yang dikategorikan sangat aktif. Sedangkan, kesan siswa dengan adanya media lagu siswa merasa sangat senang dalam mengikuti sebuah pembelajaran dan tidak merasa bosan di dalam kelas. Peningkatan ini terjadi karena adanya media lagu yang membuat motivasi ekstrinsik pada siswa juga meningkat. Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif yang berfungsi karena adanya perangsang dari luar. Jadi motivasi siswa meningkat karena adanya perangsang dari luar yaitu penggunaan media lagu pada proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas. Kata kunci : media lagu, menulis narasi, motivasi
AbstractionThis research uses the media of songs on the skills of narrative writing because the media is one of the media of songs in which there are various stories related to daily life, so as to increase the desire of students to help pour what you want expressed in the form of writing, especially on writing lessons narration. Writing a narrative is a form of discourse that attempts to tell an event or event so it looks as if the reader sees or experiences the event it self. This study aims to 1) describe the influence of song media on the level of motivation of writing skills of the seventh grade students in senior high school 1 Kamal, 2) describe the activity of seventh grade students in senior high school 1 Kamal in the use of song media on the level of motivation narrative writing skill, 3) describe the impression of seventh grade students in senior high school 1 Kamal in the use of song media on the motivation of narrative writing skills. In the results of this study there is a significamt increase in student learning motivasion outcomes and student activitaes, this is caused bye the use of song media in the learning process. In the control class obtained an average value of 75 and in the experimental class experienced a fairly high increase that obtained an average value of 81. Student activity in the class also experienced a significant increase. With the use of media songs at the time of learning to make students very active and enthusiastic in following the learning process. This can be seen in control classes that are on average categorized as active and hoghly categorized active experiment classes. Mran while, the impression of students with the media song students fell very happy in following a learning and not feel bored in the classroom. This increase occurs because of the media songs that make extrinxic motivation in students also increased. Extrinsic motivation is the motive that is active and functioning because of the stimulus from the outside. So the motivation of students in following learning increased because of the stimulus from the outside that is the use of media again on the learning process and teaching that directly in the classroom. Key words : media songs, narrative writing, motivation.