Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI TEMA BEBAS KELAS X SMKN 1 SAMPANG
    Penulis : Herman Hidayatullah
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa secara optimal untuk memperoleh hasil belajar berupa perpaduan antara aspek kognitif, psikomotor dan afektif secara seimbang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa terhadap hasil belajar menulis puisi tema bebas kelas X siswa SMK Negeri 1 Sampang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa terdahap hasil belajar menulis puisi tema bebas kelas X siswa SMK Negeri 1 Sampang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMKN 1 Sampang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes menulis puisi. Teknik analisis yang digunakan uji prasyarat dengan menggunakan uji-t hipotesis statistik. Hasil perhitungan statistik dengan menggunakan rumus uji signifikansi uji-t diperoleh taraf ? = 0,05 dan ttabel = -2,024. Pada pertemuan ke-1 diperoleh thitung = -2,12 dan pertemuan ke-2 diperoleh thitung = -2,18 sehingga thitung > ttabel maka ditolak H0 dan terdapat pengaruh signifikan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa terhadap pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMKN 1 Sampang. Kata Kunci: Strategi pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar, menulis puisi.

    Abstraction

    Learning strategy-oriented student activity is a learning strategy that emphasizes the student’s activities optimally to obtain learning outcomes in the form of a combination of cognitive, pscychomotor, and affective aspects in a balanced manner. The formulation of the problem in this study is how the influence of learning strategy-oriented student activity on the results of learning to write poetry free 10thClass students SMK Country 1 Sampang. Purpose of research to know influence of learning strategy-oriented student activity on the results of learning to write poetry free 10thClass students SMK Country 1 Sampang. Research method using quantitative research method by using research design pretest-posttest control group design. Research carried out at 10thClass students SMKN 1 Sampang. Data collection techniques using poetry writing test sheets. Analytical techniques used prerequisite test using t-test statistical hypothesis. The results of statistical calculations using the test formula significance of t-test obtained level ? = 0,05 and ttable = -2,024. At the 1st meeting gained tcount = -2,12 and the 2nd meeting was obatained tcount = -2,18 so tcount > ttable then obtained H0 and there is a significant effect of learning strategy-oriented student activity on learning to write poetry students class X SMKN 1 Sampang. Keywords: Learning strategies, student activity, learning outcomes, writing poetry.

Detail Jurnal