Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGGUNAAN TAYANGAN FILM PENDEK ALIF TERHADAP KREATIVITAS MENULIS PARAGRAF NARASI SISWA KELAS VII SMPN 4 KAMALPenulis : ULFA SUFIYA RAHMAHDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi. Oleh karena itu, guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dengan menerapkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dalam menulis paragraf narasi adalah media film pendek. Media film pendek dipilih karena terdapat motivasi dan stimulus bagi siswa dalam mengembangkan dan membuat paragraf narasi. Berdasarkan latar belakang peneliti merumuskan masalah yaitu “bagaimana keterampilan menulis siswa kelas VII SMPN 4 Kamal dengan melihat film pendek ALIF”, “bagaimana pengaruh film pendek ALIF terhadap kreativitas dalam menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMPN 4 Kamal” dan “bagaimana pengaruh film pendek ALIF terhadap struktur paragraf narasi siswa kelas VII SMPN 4 Kamal”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek ALIF terhadap kreativitas menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMPN 4 Kamal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Grup Desain. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Sample Random Sampling atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil unjuk kerja siswa, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest dan postest kelas kontrol yaitu 68 dan 72, sedangkan rata-rata pretest dan postest kelas ekperimen yaitu 77 dan 85. Berdasarkan hasil uji hopotesis diperoleh thitung 4,724 > ttabel 2,024, maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan tayangan film pendek ALIF terhadap kreativitas dalam menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMPN 4 Kamal. Hasil yang diperoleh dari kelas ekperimen memiliki perbedaan yang sangat berbeda dikarenakann kedua tersebut memiliki perlakuan yang berbeda. Hasil obsevasi aktivitas siswa dengan kritetia yang ditentukan memperoleh rata-rata 81% dengan kategori sangat aktif. Hasil angket respon siswa dengan kriteria yang ditentukan memperoleh rata-rata 69% dengan kategori baik. Kata kunci : Film Pendek ALIF, Kreativitas, Paragraf Narasi
AbstractionThis research was motivated with the descent of student ability in writing narration paragraph. Therefore the, teacher need to plan the interesting learning by implementing learning media. One of learning media that can be used to increase the ability of student creativity in writing the narration paragraph is short movie. The media of short movie is chosen becaause there is a motivation and stimulation for student in fostering and making a narration paragraph. Based on the background of the research, the writer formulates the research questions that is “ how is the influence of short movie ALIF toward creativity in writing the narration paragraph for VII grade student SMPN 4 Kamal” and” how is the influence of short movie ALIF toward structure of narration paragraph for VII grade student SMPN 4 Kamal. This research is purposed to know the effectiveness of using short movie ALIF media toward creativity in writing narration paragraph for VII grade student SMPN 4 Kamal. This research uses quantitative method with Pretest-Postest Control Grup Design. Sample that used in this research is technique of Sample Random Samplig. Technique of collecting data uses instrument of student activity result test, observation sheet and questionnaire. The result of this research shows that the average of pretest and postest class control are 68 and 72, meanwhile the average of pretest and postest class experiment are 77 and 85. Based on the hypothesis result test, it is gained thitung 4,724 > ttabel 2,024. Thus Ho is rejected. It means that there is a significant influence between the implementation of short movie ALIF toward creativity in writing narration paragraph for VII grade student SMPN 4 Kamal. The result of narration from the class experiment has a different because both of them has a distinct treatment. The observation result of student activity with the determined criteria has average 81% with category very active. The questionnaire. Result of student respose with determined criteria is gained 69% with category good. Keyword : short movie ALIF, Creativity of narration paragraph