Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Pembelajaran Menulis Teks Siswa Kelas X RPL1 SMK Negeri 2 Bangkalan.
    Penulis : Munirah
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, M.Pd.
    Abstraksi

    Model PBL(Problem Based Learning) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar aktif dan kreatif siswa selama proses pembelajaran berlangsung.SMKN 2 Bangkalan merupakan sekolah yang telah menerapkan model PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini memiliki satu rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model PBL (Problem Based Learning) untuk pembelajaran menulis teks siswa kelas x RPL 1 SMKN 2 Bangkalan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PBL (Problem Based Learning) untuk pembelajaran menulis teks siswa kelas x RPL 1 SMKN 2 Bangkalan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas x RPL 1 SMKN 2 Bangkalan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi, dan simpulan. Dalam langkahlangkah penerapan model PBL terdapat beberapa aspek yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, pengembangan dan penyajian hasil kerja, dan menganalisis dan evaluasi proses. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mata pelajaran bahasa Indonesia telah melakukan langkah-langkah model PBL (Problem Based Learning) . Maka dari itu penerapan model PBL di SMK2 sudah sesuai, karena aspek langkahlangkah pembelajaran PBL sudah terlaksana. Kata Kunci: Model PBL (Problem Based Learning), Menulis Teks

    Abstraction

    Model PBL (Problem Based Learning) is a learning model that emphasizes the active learning activities and creative students during the learning process takes place. SMKN 2 Bangkalan is a school that has implemented PBL model. This research has one problem formula that is how the application of PBL model (Problem Based Learning) for learning writing text of student of class x RPL 1 SMKN 2 Bangkalan. The purpose of this study is to know and describe the analysis of the use of PBL model (Problem Based Learning) for learning writing text students x class RPL 1 SMKN 2 Bangkalan. In this objek of reseach is student x class RPL 1 SMKN 2 Bangkalan. In this study researchers used a qualitative approach. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis used in this research is data collection, data presentation, reduction, and conclusion. In the steps of applying the PBL model there are several aspects of student orientation on the problem, organizing students to learn, guiding individual and group investigations, development and presentation of work, and analyzing and evaluating the process, the results of this study indicate that the teacher has taken steps PBL (Problem Based Learning) model. Therefore the application of PBL model in SMK 2 is appropriate, because the aspects of PBL learning steps have been done. Word Key: Model of PBL (Problem Based Learning),Write The Text

Detail Jurnal