Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Literasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sidoarjo.Penulis : Diyah Chalifatum NingrumDosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.S., M.Pd.Abstraksi
Diyah Chalifatum Ningrum. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Literasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sidoarjo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimibing: Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. Dan Abdul Rosid, S.S., M.Pd. ABSTRAK Abstrak: Membaca adalah aspek terpenting dalam memperoleh informasi belajar, namun minat baca di Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu aspek membaca dipilih sebagai aspek penelitian dengan bantuan media Pop Up Book. Buku yang berbentuk Pop Up atau muncul gambar 3D ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan minat membaca siswa. Dengan demikian dipilihlah SMP Negeri 4 Sidoarjo sebagai objek penelitian. Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah yang terletak ditengah kota namun memiliki minat baca yang rendah. Oleh karena itu penelitian ini guna mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadap kemampuan membaca literasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian yang dipakai merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang dipakai menggunakan Simple Random Sampling. Sehingga terpilihlah 30 siswa dalam kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa dalam kelas VII H sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan penelitian di dua kelas tersebut tampak hasil yang cukup berbeda pada rentang peningkatan hasil belajar. Dibuktikan dengan analisis yang dilakukan oleh peneliti melalui uji hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan uji-t dan diperkuat dengan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan data analisis hipotesis Independent Sampel T- Test nilai postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol telah diketahui hasil independent sampel T-test yang dibaca pada baris Equal variances assumed yakni t(4.516), atau dengan kata lain (,4.516) > ? (0,05)dengan nilai t tabel 0,361 . data yang diperoleh dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS 20. Perhitungan tersebut membuktikan jika Ha diterima, dan H0 ditolak, yaitu terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada uji gain juga terlihat hasil data yang signifikan. Nilai gain pada kelas kontrol memperoleh nilai g= 0,58 menduduki kategori “sedang” dan kelas eksperimen memperoleh nilai g= 0,73 menduduki kategori “tinggi”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran media Pop Up Book terhadap kemampuan membaca literasi siswa keals VII SMP Negeri 4 Sidoarjo. Kata kunci : Pop Up Book, Membaca, Literasi
AbstractionDiyah Chalifatum Ningrum. 2019. Effect of Pop Up Book Learning Media on Literacy Reading Ability of Class VII Students of SMP Negeri 4 Sidoarjo. Thesis, Indonesian Language Education Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Pembimibing: Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. And Abdul Rosid, S.S., M.Pd. ABSTRACT Abstract: Reading is the most important aspect in obtaining learning information but reading interest in Indonesia is still relatively low. Therefore, the reading aspect was chosen for research with the help of Pop-Up Book media. Books that are in the form of pop ups or 3D images that appear are expected to improve learning outcomes and students' reading interest. Thus, selected Sidoarjo SMP 4 as the object of research. The school is located in the middle of the city and has a low reading interest. The research used is a type of quantitative research with Pretest-Post test Control Group Design. The sampling technique used is Simple Random Sampling. So that 30 students were selected in class VII G as the experimental class and 30 students in class VII H as the control class. After conducting research in two classes, the results were quite different in the range of improvement in learning outcomes. It is proven by the analysis carried out by researchers through testing the learning outcomes of students using the t-test and strengthened by the normalized gain test. Based on the Independent Sample Hypothesis T-Test post test analysis data in the experimental class and the control class, the independent sample T-test results are read on the Equal variances assumed line, namely t (4,516), or in other words (, 4,516)> ? (0 , 05) with the value of t table 0.361. the data obtained were assisted by using the SPSS 20 application. The calculation proved that Ha was accepted, and H0 was rejected, ie there was a significant difference between the post test results of the control class and the experimental class. The gain test also shows significant data results. The gain value in the control class obtained the value of g = 0.58 in the "moderate" category and the experimental class obtained the value of g = 0.73 in the "high" category. From these results it can be concluded that there is a significant effect on Pop Up Book media learning on reading literacy skills of the seventh-grade students of SMP Negeri 4 Sidoarjo. Keywords: Pop Up Book, Reading, Literacy
Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal