Detail Karya Ilmiah

  • Gaya Bahasa dan Makna Kiasan Slogan Iklan Makanan dan Minuman di RCTI
    Penulis : Anisaul Husna
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini menganalisis gaya bahasa slogan iklan makanan dan minuman di RCTI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya bahasa dan makna khususnya makna kiasan pada slogan iklan makanan dan minuman yang tayang di RCTI. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata pada slogan iklan makanan dan minuman di RCTI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak, simak bebas libat cakap, catat, rekam, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Pada penelitian ini ditemukan sebanyak sembilan gaya bahasa yang termasuk ke dalam gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan dan gaya bahasa perulangan. Gaya bahasa perbandingan yaitu metafora, perumpamaan, personifikasi, dan antitesis. Gaya bahasa pertentangan yaitu hiperbola. Gaya bahasa pertautan yaitu sinekdoke dan gaya bahasa perulangan yaitu aliterasi, antanaklasis, dan repetisi. Makna kiasan yang ditemukan pada penelitian ini sebanyak 19 slogan iklan.

    Abstraction

    This study analyze slogan style of food and beverage’s advertisement in RCTI. This study aims to find out language style especially the meaning of figurative language at the slogan of food and beverage’s advertisement that present in RCTI. This approch of study is using qualitative and descriptive approach. The data in this study such as words at the slogan of food and beverage’s advertisement in RCTI that has language style and also figurative meaning. The technique of collecting data at this study is using gathering, free gathering involving saying, noting, recording, and dokumentation. The proces of analysing data is done by data reduction, data presentation, and coclusion. The validity experiment of this study is uding triangulation methods. The result of this study is language style and figurative meaning at the slogan in food and beverage’s advertisement at RCTI. In this study found as many as nine styles of language that belong to the style af language compariso, language style of contradiction, style of language and the style of repetition language. Comparative language styles are metaphors, parables, personification, and antithesis. Language of contradiction is hyperbole. The alnguage style is synekdoke and the style of repetition is alliteration, antanaklasis, and repetition, Figurative meaning found in this study as many as 19 advertisement slogan’s.

Detail Jurnal