Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri Taman Pendidikan Mangrove Labuhan Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sepulu
    Penulis : Siti Riamna
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “bagaimana efektivitas penggunaan media gambar seri taman pendidikan mangrove labuhan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sepulu?” tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media gambar seri taman pendidikan mangrove labuhan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sepulu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 237 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan sampling sistematis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah ujuk kerja atau tes kemampuan menulis teks deskripsi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji signifkansi, dan uji gain ternormalisasi. Uji normalitas penelitian ini berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas bersifat homogen. Penghitungan uji signifikansi (uji t) diperoleh t = 15,823 dan t tabel x hitung = 2,160 pada taraf signifikansi ? = 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa t hitung > t sehingga Ho ditolak dan H? diterima. Dengan demikian, dapat diambil keputusan bahwa pengunaan media gambar seri taman pendidikan mangrove labuhan berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sepulu. tabel Kata Kunci: media gamber seri taman pendidikan mangrove labuhan, menulis teks deskripsi.

    Abstraction

    Abstract: The study is quantitative approach study by quasi experimental design method. The research problem in this study is “How the effectiveness of the use of seri picture media of Mangrove Labuhan education park in learning of writing descriptive text on class VII’s students in SMPN 1 Sepulu”. The aim of this study is to describere the effectiveness of the use of seri picture media of Mangrove Labuhan education park in learning of writing descriptive text on class VII’s students in SMPN 1 Sepulu. The population in this study is all student in class VII, 237 students, by taking sample using systematic sampling. The main instrument in this study is test of writing descriptive text skill. The technique in analyzung data using normality test, homogenity test, significance test, normalyzed gain test. The normality test in this study is distributed normal. While, the homogenity test has homogen type. The counting of significance test (t test) gets hitung= 15,823 and t tabel= 2160 on significance grade a= 0,05, can be concluded that t hitung> t tabel so that Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be conculded that the use of seri picture media of Mangrove Labuhan education park effects the learning of writing descriptive text on class VII’s students in SMPN 1 Sepulu. Key words: seri picture media of Mangrove Labuhan education park, writing descriptive text.

Detail Jurnal