Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS X JURUSAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 2 BANGKALANPenulis : MUTMAINNAHDosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S,.M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Mutmainnah. 2018. Pengaruh Kecerdasan Linguistik Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas X Jurusan Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Bangkalan Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas TRunojoyo Madura. Pembimbing (I) Ira Fatmawati. S.S., M.Pd. Pembimbing (II) Ika Febriani. S.S., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi lemahnya proses pembelajaran pada siswa SMK Negeri 2 Bangkalan kurang didorong untuk mengebangkan kemmapuan beripikir yang lebih aktif. Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi karena siswa tidak hanya mencari struktur teks anekdot tetapi juga dapat belajar bagaimana melihat keluar batas gaya dan caranya. Interaksi sesamanya sangat dipengaruhi oleh kesanggupannya dalam berpikir yang biasa disebut kecerdasan/intelegences. Seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi pasti dapat menggunakan kemampuan menulisnya dengan baik. Kecerdasan majemuk disingkat (KM) memeberikan pendekatan pragmatis pada siswa untuk membantu mereka belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan linguistik terhadap pembelajaran menulis teks anekdot kelas X DPIB SMK Negeri 2 Bangkalan, dan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pretest-posttest control group. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X jurusan DPIB dan TBSM 2 SMK Negeri 2 Bangkalan yang berjumlah 40 siswa dengan sebanyak siswa kelas 20. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes. Hasil perhitungan dengan Uji t menunjukkan bahwa thitung -4,166 dan ttabel -2,024 dengan demikian thitung < ttabel = -2,024. H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan kecerdasan linguistik hasil belajar menulis teks anekdot ditinjau dari kreativitas siswa kelas X DPIB dan TBSM 2 SMK Negeri 2 Bangkalan, dengan hasil rata-rata 84,5 dengan kategori “Sangat Tinggi” menggunakan kecerdasan lingustik sedangkan nilai rata-rata tidak menggunakan kecerdasan linguistik 71,5 kategori “Tinggi”. Kata Kunci : kecerdasan linguistik, teks anekdot, kreativitas siswa.
AbstractionMutmainnah. 2018. The Influence Of Intelligence Linguistic To Anecdote Text Writing Lessons Viewed From Student Creativity 10thClass Design Modeling And Building Information (DPIB) SMK Negeri 2 Bangkalan. Program Study of Indonesian Education, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor (I) Ira Fatmawati. S.S., M.Pd. Advisor (II) Ika Febriani. S.S., M.Pd. ABSTRACT This research is motivated by the weakness of learning process in students of SMK Negeri 2 Bangkalan less encouraged to develop thinking skill more active. Teachers must be more creative and innovative in delivering material because students are not only looking for anecdotal text structures but can also learn how to look beyond the borders of their style and manner. The interaction of each other is influenced strongly by his ability to think commonly called intelligence. A person who has high linguistic intelligence can certainly use his or her writing skills well. Multiple abbreviated intelligence (KM) provides a pragmatic approach to students to help them learn. This study was conducted with the aim to describe the influence of intelligence linguistic on learning to write anecdotal text of 10th class DPIB SMK Negeri 2 Bangkalan, and to describe the activity of students in learning to write anecdotal text.This research is a quantitative research using pretest-posttest control group design. This research was conducted in 10th class of department of DPIB and TBSM 2 SMK Negeri 2 Bangkalan which amounted to 40 students with as many as 20th grade students. Data collection technique was done by observation and test sheet. The calculation result with t test shows that tcount -4.166 and ttable -2.024 thus tcount