Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN PEMENTASAN MINI TEATER SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 UJUNG PANGKAH GRESIK
    Penulis : Ghurrotul Baidho'
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Baidho’, Ghurrotul. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Wayang terhadap Keterampilan Berbicara Melalui Kegiatan Pementasan Mini Teater Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing 1: Sulaiman, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II: Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan True Experimental Design dengan bentuk desain yaitu pretest-postest control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan hasil belajar siswa pada penggunaan media wayang terhadap keterampilan berbicara melalui kegiatan pementasan mini teater siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling-sampling sistematis dengan cara pengambilan menggunakan nomor urut ganjil. Data hasil belajar siswa diperoleh dari instrumen tes yang berbentuk hasil unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis menunjukkan thitung= 3,7692 > ttabel= 2,00654 dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak. Nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen sebesar 69,14 dan nilai postest siswa kelas eksperimen sebesar 80,57. Sedangkan nilai rata-rata pada pretest siswa kelas kontrol sebesar 65,86 dan nilai postest siswa kelas kontrol sebesar 72,57. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media wayang terhadap keterampilan berbicara siswa melalui kegiatan pementasan mini teater siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. Kata kunci: Wayang, berbicara, pementasan mini teater.

    Abstraction

    Baidho ', Ghurrotul. 2018. The Influence of Wayang Media Usage on Speaking Skills Through Mini Staging Activities of VII Student Theater of SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. Thesis, Indonesian Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Sulaiman, S.Pd., M.Pd. and Advisor II: Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research is a quantitative experimental research using True Experimental Design with pretest-postest control group design. This study aims to determine the significant effect and student learning outcomes on the use of media wayang to the skills of speaking through the staging activities of mini theater students of VII grade of SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. The population of this research is all students of VII grade of SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. The sampling technique in this research uses nonprobability sampling-sampling systematic by taking the sample using the odd serial number. Student learning outcomes data obtained from test instruments in the form of performance results. The collected data were analyzed using t-test statistic. The result of analysis shows tcount = 3,7692> ttable = 2,00654 it can be stated that Ho is rejected. The average pretest grade of the experimental class is 69.14 and the posttest grade of the experimental class is 80.57. While the average score on the pretest of the control class students was 65.86 and the posttest grade of the control class was 72.57. Based on the results of this study it can be concluded that there is a significant influence of wayang media to the students' speaking skills through the staging activities of mini theater students of VII grade of SMP Negeri 1 Ujung Pangkah Gresik. Keywords: Wayang, speaking, mini theater staging.

Detail Jurnal