Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAMONGANPenulis : Ihdany Rahmatullah AdhitiyaDosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format Topic) terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalen Control Group Design dengan dua variabel, yaitu variabel bebas berupa strategi pembelajaran RAFT dan variabel terikat berupa keterampilan menulis teks prosedur kompleks. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling (sampel nonrandom) atau disebut juga incidental sampling atau pengambilan sampel secara tidak acak berdasarkan tingkat kemampuan siswa pada kedua kelas dan ditetapkan kelas X MIA 7 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan tes unjuk kerja siswa. Sedangkan observer dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas, uji-t. Hasil uji-t diperoleh nilai T hitung 4,1724 > T tabel 2.01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) terhadap keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan. Kemudian diketahui rata-rata persentase keseluruhan aktivitas siswa pada kelas eksperimen pretest dan posttest sebesar 69% dan 82% siswa kelas eksperimen dikategorikan sangat aktif. Sedangkan pada kelas kontrol pretest dan posttest persentasi aktivitas siswa diperoleh 66% dan 76% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan. Kata Kunci: Pengaruh, strategi pembelajaran RAFT, keterampilan menulis teks prosedur kompleks
AbstractionAbstract: This study aims to determine the effect of RAFT (Role, Audience, Format, Topic) learning strategies on the writing skill complex procedure texts of tenth grade students of SMA Negeri 2 Lamongan. This study is a quantitative research quasi experimental research methods. The design of this study uses the Nonequivalent Control Group Design. The design of this study uses the Nonequivalent Control Group Design design with two variables, namely the independent variable in the form of RAFT learning strategy and the dependent variable in the form of complex procedure text writing skills. The sampling technique uses Nonprobability Sampling or also called incidental sampling or random sampling based on the level of ability of students in both classes and set class X MIA 7 as the experimental group and class X IIS 2 as the control group. Data collection is obtained by testing student performance. While the observers in this study were Indonesian teachers. Then the collected data was analyzed using the normality test, homogeneity test, t-test formula. The results of the t-test obtained a value of T count 4.1724> T table 2.01. Based on the results of the study it can be concluded that there is a significant effect of RAFT strategy (Role, Audience, Format, Topic) on complex procedure text writing skills of class X SMA Negeri 2 Lamongan students. Then it is known that the average percentage of the overall activity of students in the experimental class pretest and posttest was 69% and 82% of the experimental class students were categorized as very active. While in the control class pretest and posttest the percentage of student activity was 66% and 76% with the active category. Thus it can be concluded that there is a significant effect of RAFT strategy (Role, Audience, Format, Topic) on the activities of students in complex procedure text writing learning in class X of SMA Negeri 2 Lamongan. Keywords: Effect, RAFT learning strategy, complex procedure text writing skills