Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
    Penulis : Ratih Ayu Kartikaningrum
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bangkalan. Penelitian ini dilatarbelakangioleh keterbatasan gagasan untuk pengembangan dalam tulisan berupa naskah drama. Model pembelajaran problem based learning dapat digunakan dalam proses pembelajaranagar siswa lebih aktif dan kreatif dalam menemukan ide dan gagasannya untuk dituangkan dalam tulisannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bangkalan tahun pelajaran 2017/2018?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimenquasi experimental desain dan menggunakan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan adanya perbedaan. Uji hipotesis dengan uji t posttestmenunjukkan thitung 3,092 > ttabel 2,014 dengan taraf signifikan 0,05, sehingga Ho ditolak atau ada perbedaan nilai pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan pengaruh yang tinggi. Kedua hasil observasi tersebut berkategori tinggi dengan koefisien kesepakatan pada obeservasi guru diperoleh 1,00 sedangkan aktivitas siswa 0,8.Melalui hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh pada keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bangkalan tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis,Naskah Drama

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of problem-based learning model skill to write the script drama students of class XI SMK Negeri 3 Bangkalan. This research is motivated by the limitations of ideas for developed writing in the form of drama script. Model of learning problem based learning can be used in the learning process to make students more active and creative in finding ideas and the ideas poured in writing. The formulation of the problem in this research is "how the influence of problem-based learning model to the skill of writing drama script of XI class students SMK Negeri 3 Bangkalan on 2017/2018?". This type of research is quantitative research with experimental quasi experimental design method and use nonequivalent control group design. The results of the experimental and control classes showed that there were differences. Hypothesis test with posttest t test shows thitung 3.092> ttable 2.014 with significant level 0.05, so Ho is rejected or there is difference of value in experiment and control class. The result of observation of teacher and student activity in learning implementation also shows high influence. Both observations are categorized high with the coefficient of agreement on teacher obeservation obtained 1.00 while the student activity 0.8. Through the results of this study can be concluded that the model of problem based learning affects the skills of writing drama script students XI SMK Negeri 3 Bangkalan on 2017/2018. Keywords: Writing Skill, Problem Based Learning Model, Drama Script

Detail Jurnal