Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA SISWA KELAS XI SMKN 2 BANGKALAN
    Penulis : Ria Harnum Pratiwi
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jamiā€™ul Amin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) sebagai suatu pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan kepada aktivitas siswa secara optimal untuk memperoleh hasil belajar berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang. Penelitian ini menggunakan strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) pada pembelajaran drama. Pembelajaran drama adalah pembelajaran yang mempelajari karya sastra dengan menggambarkan kehidupan untuk menyampaikan pertikaian dan emosi melalui lakuan dan dialog. Penerapan strategi PBAS sudah terlaksana dengan mencakup tiga kadar yaitu kadar dari proses perencanaan, siswa terlibat dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Kedua, kadar proses pembelajaran yaitu keterlibatan siswa secara fisik, mental, maupun intelektual dalam proses pembelajaran. Ketiga, kadar evaluasi pembelajaran yaitu keterlibatan siswa melaksanakan tugas atau tes yang harus dikerjakan. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan True Experimental design dengan metode pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Pengujian validitas menggunakan uji validitas konstruk dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Setelah data dinyatakan valid dan reabel maka dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas dengan resiko kesalahan 5%. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan syarat, kedua sampel berdistribusi normal dan bervarian homogen. Hasil uji-t menggunakan sampel tidak berkorelasi maka diperoleh hasil uji t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah t hitung = 3,343 < t tabel =2,069. Berdasarkan kriteria pengujian uji-t, jika t hitung < t tabel, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci: strategi pembelajaran, aktivitas siswa, pembelajaran drama.

    Abstraction

    Abstract: Oriented Learning activities of students (PBAS) as an approach in learning that emphasizes to the activity students optimally in order to obtain the results of the study in the form of a combination of aspects of cognitive, affective, and psychomotor in a balanced way. This research uses the strategy-oriented Learning activities of students (PBAS) to the study of drama. Drama learning is learning that studied the works of literature by describing life to convey emotions and disputes through dialogue and behavior. The implementation of the strategy been implemented with PBAS include three levels i.e. the levels of the planning process, students involved in formulating learning objectives. Second, the process of learning levels, namely the involvement of students in physical, mental, intellectual or learning process. Third, the evaluation of learning levels, namely the involvement of students carry out assignments or tests that should be carried out. This type of research is quantitative using True Experimental design with pretest posttest control group design. Engineering data collection using the method of tests and observation. Testing the validity of using the test validity of invalid constructs and test reliability using cronbach alpha. After the data was declared valid and reliability then continued with test prerequisites i.e. its homogeneity and normality test with error risk of 5%. Data processing using the ttest with the terms of the second sample, Gaussian and homogeneous comes in. The t-test results using samples not correlated, then obtained the results of test-t posttest experimental class and grade control is t-calculate = 3.343 < t table = 2.069. Based on the criteria of the test-t, if t calculate < the t table, then Ho is rejected, so that there is a difference between experimental class posttest with control classes. Keywords: learning strategies, student activities, learning drama.

Detail Jurnal