Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MEDIA KARTU KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMBAKREJO BOJONEGOROPenulis : Wenny Eka MuliyasariDosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Banyaknya media pembelajaran yang monoton, dan minat menulis yang rendah. Peneliti mencoba untuk menggunakan media kartu konsep sebagai media pembelajaran dalam kemampuan menulis. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh media kartu konsep terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Media pembelajaran dapat merangsang perhatian, emosi, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar sehingga mencapai tujuan belajar. Jenis penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian true experimental design dengan metode pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, dan observasi. Pengujian validitas menggunakan uji validitas kontruk dan pengujian reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Setelah data dikatakan valid dan reliabel maka dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas dengan resiko kesalahan 5%. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan syarat kedua sampel berdistribusi normal dan bervarian homogen. Hasil uji-t menggunakan sampel berkorelasi maka diperoleh hasil uji-t posttets kelas kontrol dan eksperimen adalah t hitung = 2,457 > nilai t tabel = 2,069. Menurut kriteria pengujian uji t jika t hitung > t tabel, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan kemampuan akhir antara peserta didik kelas kontrol dengan peserta didik kelas eksperimen. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media kartu konsep berpengaruh pada kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro. Kata Kunci : Media kartu konsep, Kemampuan menulis, Teks prosedur.
AbstractionMultitude of monotonous learning media, and an interest write down. Researchers are trying to use the media card concept as a medium of instruction in writing skills. Objective to know the influence of media card concept towards writing skills text procedure. Media attention can stimulate learning, emotions, thoughts, and feelings of students in learning activities so as to achieve learning objectives. Types of quantitative research, using design research's "true experimental design” with the method's "pretest posttest control group design.” The method of data collection using the test, and observations techniques. Testing the validity using the test of validity of construction and testing reliability using Cronbach Alpha. After the data is said to be valid and reliability then do test prerequisites i.e. homogeneity and normality test with error risk of 5%. Data processing using the t-test with the terms both of samples in normal Gaussian and homogeneous. T-test results using samples correlated then the result obtained t-test posttest control class and experimental is t calculate = 2.457 > value t table = 2.069. According to the test criteria t-test, If t calculate > t table, then Ho is rejected, so that there is a difference in the last ability between learners control class with the students of experiments class. So, it can be concluded that the media card concept effected on the ability to write text procedures in student of calss VII SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro. Keywords: Media card concept, the ability of write, the text of procedure.